Perusahaan dan Lingkungan
Oktober 31, 2016
Kelas : 4IA22 / 59413890
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis
Informatika
Dosen : Rina Noviana
CSR
(Corporate Social Responsibility) adalah suatu konsep atau tindakan yang
dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap
social maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada, seperti
melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat
sekitar dan menjaga lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di
daerah tersebut, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk
membangun desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk
masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan
tersebut berada.
Corporate
Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah fenomena dan strategi yang
digunakan perusahaan untuk mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya.
CSR dimulai sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka
panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability perusahaan.
Kegiatan CSR akan menjamin
keberlanjutan bisnis yang dilakukan. Hal ini disebabkan karena:
- Menurunnya gangguan social yang sering terjadi akibat pencemaran lingkungan, bahkan dapat menumbuh kembangkan dukungan atau pembelaan masyarakat setempat.
- Terjaminnya pasokan bahan baku secara berkelanjutan untuk jangka panjang.
- Tambahan keuntungan dari unit bisnis baru, yang semula merupakan kegiatan CSR yang dirancang oleh korporat.
Adapun 5 pilar yang mencakup
kegiatan CSR yaitu:
- Pengembangan kapasitas SDM di lingkungan internal perusahaan maupun lingkungan masyarakat sekitarnya.
- Penguatan ekonomi masyarakat sekitar kawasan wilayah kerja perusahaan.
- Pemeliharaan hubungan relasional antara korporasi dan lingkungan sosialnya yang tidak dikelola dengan baik sering mengundang kerentanan konflik.
- Perbaikan tata kelola perusahaan yang baik
- Pelestarian lingkungan, baik lingkungan fisik, social serta budaya.
Berikut ini adalah manfaat CSR bagi
masyarakat:
- Meningkatknya kesejahteraan masyarakat sekitar dan kelestarian lingkungan.
- Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut.
- Meningkatnya pemeliharaan fasilitas umum.
- Adanya pembangunan desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.
Berikut ini adalah manfaat CSR bagi
perusahaan:
- Meningkatkan citra perusahaan.
- Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain.
- Memperkuat brand merk perusahaan dimata masyarakat.
- Membedakan perusahan tersebut dengan para pesaingnya.Memberikan inovasi bagi perusahaan
Contoh Kasus
PT.
Indofood Sukses Makmur Tbk. merupakan produsen berbagai jenis makanan dan
minuman yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Adalah Sudono Salim yang
mendirikan perusahaan ini didirikan pada tanggal 14 Agustus 1990 dengan nama
PT. Panganjaya Intikusuma yang kemudian pada tanggal 5 Februari 1994 menjadi
Indofood Sukses Makmur. Perusahaan ini mengekspor bahan makanannya hingga
Australia, Asia, dan Eropa.
Dalam
beberapa dekade ini Indofood telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan
total food solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan
proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga
menjadi produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran. Macam-macam
produk yang dihasilkan adalah produk mi, es krim, makanan ringan, biskuit,
tepung terigu, sirup, susu, minyak goreng, pasta.
Sepanjang
tahun 2011, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. melakukan program tanggung jawab
sosial (Corporate Social Responsibility atau “CSR”) yang merefleksikan misi
Perseroan yakni “Memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan
secara berkelanjutan”. CSR yang dilakukan oleh INDOFOOD, dilakukan agar
perusahaan dapat lebih dekat dengan masyarakat. Landasan tujuan yang digunakan
dalam melaksanakan program CSR Perseroan adalah: Menciptakan Hidup Yang Lebih Baik Setiap Hari, yang kemudian
dituangkan ke dalam lima pilar CSR.
Berikut program-program yang
dilakukan oleh indofood:
Pembangunan Sumber Daya Manusia
Indofood
meyakini pendidikan sebagai faktor utama dalam pembangunan sumber daya manusia.
Dukungan Perseroan diwujudkan dengan cara membuka kesempatan bagi masyarakat
untuk mengikuti pendidikan formal maupun non–formal, mendukung kegiatan
pengembangan riset, dan meningkatkan kompetensi para guru.
Beasiswa Indofood Sukses Makmur (BISMA)
Setiap
tahun Perseroan memberikan beasiswa bagi anak–anak karyawan yang berprestasi.
Selama tahun 2011, sekitar 1.570 anak–anak telah memperoleh bantuan beasiswa
yang diberikan untuk tingkat sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi.
Melalui bantuan pendidikan ini, Perseroan ingin mendorong siswa yang merupakan
putra putri dari karyawan Indofood untuk sepenuhnya menggali potensi diri.
Lebih dari 15.000 anak karyawan telah menerima beasiswa ini.Bekerjasama dengan
Yayasan Karya Salemba Empat, sepanjang tahun 2011 Indofood juga memberikan
beasiswa kepada 226 mahasiswa berprestasi dari Perguruan Tinggi di Indonesia
yaitu Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi
Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi
Sepuluh Nopember dan Universitas Andalas.
Source: Google
Para mahasiswa
berprestasi dari keluarga yang kurang beruntung tersebut memperoleh bantuan
beasiswa untuk kebutuhan uang kuliah, biaya buku, internet dan pemondokan.
Selain itu, Indofood juga menyediakan tunjangan dana riset bagi mahasiswa
berprestasi yang akan menyelesaikan skripsi dan tugas akhir. Para penerima
beasiswa dibekali dengan pelatihan kepemimpinan melalui kegiatan Indofood
Leadership Camp, yang bertujuan meningkatkan kreativitas, membangun percaya
diri, sikap disiplin dan jiwa kewarganegaraan yang positif. Masing–masing
penerima BISMA juga memperoleh kesempatan pengembangan karir melalui pelatihan
soft skills dalam bentuk program orientasi kerja, dan program magang.Di tahun
2011, program BISMA berhasil meraih apresiasi dan penghargaan secara nasional
dengan diterimanya penghargaan Anugerah Peduli Pendidikan dari Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Indofood Riset Nugraha (“IRN”)
Dimulai
sejak tahun 1998, IRN merupakan program pemberian bantuan dana untuk kegiatan
penelitian di bidang pangan, terutama berkaitan dengan peningkatan kualitas
pangan, serta penganekaragaman pangan dalam rangka mendukung ketahanan pangan
nasional. Dari sebanyak 700 proposal riset di bidang diversifikasi pangan dan
ketahanan pangan yang diterima Perseroan selama tahun 2011, sebanyak 38 program
riset memenuhi syarat untuk menerima dana bantuan setelah melalui proses
evaluasi intensif oleh dewan pakar yang terdiri dari 8 orang ahli terkemuka di
bidang teknologi dan industri pangan.
Setiap
tahun, dipilih tema yang berbeda sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang
terjadi dalam masyarakat. Bantuan diberikan kepada para mahasiswa strata–1 yang
sedang menyelesaikan skripsinya. Beberapa hasil riset diharapkan dapat
dikembangkan lebih lanjut, antara lain ”Pemanfaatan Umbi Garut Untuk Pembuatan
Plastik Biodegradable” serta “Pertumbuhan dan Hasil Beberapa Genotip Kedelai
(Glycine max L) Berbiji Besar Pada Taraf Cekaman Kekeringan”, merupakan
topik–topik riset yang berpotensi memberikan manfaat positif bagi masyarakat.
Selama tahun 2011, tiga makalah riset lainnya telah diikutsertakan dalam
kompetisi internasional. Prestasi ini membuktikan bahwa riset–riset Indonesia
dapat memenuhi standar internasional.
Program Bantuan Sarana Pendidikan
- Guna mendukung pendidikan, SIMP, salah satu anak perusahaan Indofood mengelola sekolah–sekolah yang berlokasi di sekitar area perkebunan yang meliputi Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan. Sekolah–sekolah tersebut kini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas termasuk laboratorium komputer dan biologi, perpustakaan, serta fasilitas olah raga dan ekstra kurikuler seperti perangkat drum band. Pada tahun 2011 SIMP melakukan penambahan 22 ruang kelas pada sekolah–sekolah yang dikelolanya.
- Anak perusahaan tidak langsung Perseroan lainnya, Lonsum juga membangun telah membangun tiga sekolah baru di area perkebunan Tirta Agung dan Artha Kencana di Kabupatan Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Lonsum secara konsisten juga membantu sembilan sekolah negeri yang berada di wilayah perkebunan. Jumlah seluruh murid yang merupakan anak dari karyawan maupun masyarakat yang tinggal di sekitar perkebunan adalah sebanyak 7.339 anak didik.
- Perhatian Indofood bagi pendidikan anak–anak petani kentang yang merupakan mitra usaha binaan diwujudkan dalam bentuk pembangunan perpustakaan dan arena bermain di Pangalengan dan Kertasarie, Jawa Barat
- Indofood juga memberikan dukungan berupa alat peraga edukasi kepada anak–anak usia Pra Sekolah/ Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berlokasi di sekitar kantor Indofood di seluruh Indonesia. Indofood juga melengkapi sarana taman bermain anak–anak bagi sekolah–sekolah tersebut. Bekerja sama dengan Indonesian Heritage Foundation, Perseroan mendidik para guru Sekolah Dasar di Jempang, Sumatra Utara untuk membantu mereka dalam mengaplikasikan model pendidikan holistik, yang diharapkan dapat memberikan dampak positif pada awal perkembangan anak.
- Pada tahun 2011, guna membantu memberikan pendidikan multi kultur kepada anak–anak sejak dini, Indofood membagikan buku ensiklopedi Pustaka Anak Nusantara ke ratusan perpustakaan sekolah dasar dan menengah pertama di seluruh Indonesia. Selain itu Indofood juga memberikan kumpulan buku dongeng cerita rakyat Indonesia yang kaya akan pesan–pesan moral.
Layanan Mobil Klinik SUN
Sebagai
perusahaan yang menghasilkan produk–produk makanan berkualitas, Indofood
melalui anak perusahaannya yaitu ICBP berupaya untuk ikut memberikan edukasi
mengenai pentingnya peningkatan gizi masyarakat. Melalui SUN Mobil Unit Layanan
Gizi Ibu dan Balita, Indofood menyediakan layanan kesehatan, konsultasi dan
pendidikan nutrisi bagi masyarakat. Unit–unit mobil tersebut dilengkapi dengan
peralatan Ultrasonography untuk memonitor pertumbuhan bayi selama masa kehamilan.
ICBP telah menerima Millennium Development Goals (MDG) Award dari Kantor Utusan
Khusus Presiden Republik Indonesia untuk MDG, atas partisipasinya dalam
meningkatkan kesehatan anak dan ibu hamil melalui program Mobil Klinik SUN.
Partisipasi Aktif dalam Kegiatan Komunitas
Indofood
senantiasa memberikan kepedulian bagi pembangunan masyarakat di mana unit
operasional Perseroan berada. Beberapa program Perseroan, di antaranya adalah:
Rehabilitasi Rumah Tinggal
Bekerja
sama dengan Yayasan Tzu Chi Indonesia, Indofood mendukung program rehabilitasi
rumah–rumah dalam kondisi buruk. Perseroan telah membantu memperbaiki
rumah–rumah di wilayah kumuh di Cilincing, Jakarta Utara.
Kegiatan Sosial dan Keagamaan
Perseroan
juga selalu berpartisipasi dan berkontribusi dalam berbagai kegiatan sosial
kemasyarakatan, khususnya yang terkait dengan pendidikan dan peringatan hari
besar keagamaan.
- Indofood Berbagi Kasih, dilaksanakan pada peringatan hari besar keagamaan seperti Ramadhan dan Natal. Kepedulian diwujudkan dalam bentuk pemberian paket produk dan peralatan sekolah kepada komunitas–komunitas yang membutuhkan.
- MTQ adalah program yang dikelola sejak tahun 1974 oleh Lonsum. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Quran bagi anak–anak karyawan Indofood dan masyarakat di sekitar area perkebunan.
Setiap
tahun, Perseroan bersama anak perusahaannya juga memberikan sumbangan qurban
untuk memperingati hari Idul Adha yang diberikan kepada masyarakat di sekitar
area operasional Perseroan
Peningkatan Nilai Ekonomi
Indofood
terus membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan dengan para
stakeholders melalui program kemitraan guna meningkatkan dan mendorong
pengembangan ekonomi yang berkelanjutan. Program kemitraan Indofood ditujukan
bagi keluarga petani, peternak, pengusaha UKM dan masyarakat sekitar.
Perseroan
mengembangkan program–program kemitraan pertanian secara berkelanjutan, dengan
para mitra yang terdiri dari petani kentang, singkong, gula kelapa, cabai dan
kelapa sawit. Dalam program kemitraan ini, Indofood memberikan pelatihan,
bimbingan dan pendampingan di bidang pembudidayaan, penanaman, pemanenan dan
pasca pemanenan komoditas. Pada tahun 2011, dilaksanakan pelatihan bagi para
petani kelapa sawit di Rambong Sialang Traning Center (RSTC) bekerja sama
dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO). Program pelatihan
yang diadakan selama satu minggu ini bertujuan meningkatkan produktivitas petani
dalam melakukan pengelolaan perkebunan.
Pemberdayaan Wanita melalui Program Pojok Selera
Indofood
mendukung program pemberdayaan wanita melalui Program Pojok Selera. Program ini
diperuntukan bagi para istri petani dan keluarga karyawan perkebunan.
- Pada tahun 2011, Indofood mengembangkan program kewirausahaan dan pembuatan makanan berbahan dasar tepung terigu bagi para istri petani singkong di Malangbong, Jawa Barat; petani cabai di Jember dan Lumajang, serta penderes gula kelapa di Banyuwangi, Jawa Timur dan petani kentang di Garut, Jawa Barat.
- Program pelatihan sejenis juga dilaksanakan untuk para keluarga karyawan dan komunitas di sekitar Perkebunan Rambong Sialang dan Turagie di Sumatra Utara, Perkebunan Tirta Agung di Sumatra Selatan, Perkebunan Pahum Makmur di Kalimantan Timur dan Perkebunan Balombessie di Sulawesi Selatan. SIMP menyelenggarakan kelas–kelas pelatihan pembuatan makanan bagi ibu rumah tangga yang dikenal dengan SIMP Bakery and Culinary Center. Selain mendorong pemberdayaan wanita, Perseroan juga mendukung pengembangan UKM.
- Indofood mendukung program Desa Sejahtera melalui pelatihan UKM di Cipule, Karawang, Jawa Barat yang diikuti oleh 30 mitra UKM. Program tersebut merupakan kelanjutan program kerjasama dengan SIKIB di Tanjung Pasir, Banten pada tahun 2010.
Program Mahesa
Sebagai
bagian program berkelanjutan “Feed the World,” Indofood menyumbangkan ternak
kerbau, sapi dan peralatan pertanian bagi komunitas petani, termasuk Karya
Harapan Al–ijabah di Pandeglang, Banten dan kelompok peternak Sarwon Guno di
Desa Hargo Tirto, Yogyakarta.
Program UKM
BogasariMelalui Divisi Bogasari, Indofood juga terus mengembangkan manfaat bagi
mitra UKM pemegang Bogasari Mitra Card. Manfaat yang diberikan berupa program
pelatihan, dukungan promosi dan bantuan fasilitas kredit perbankan serta
berbagai asuransi, seperti asuransi kebakaran, kesehatan dan kecelakaan. Pada
tahun 2011, Perseroan memberikan penghargaan Bogasari SME Awards 2011 kepada
sembilan mitra UKM di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Penerima Bogasari SME
Award 2011 merupakan hasil seleksi dari seluruh mitra binaan Bogasari yang
berada di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah.
Sumber:
0 komentar