#PetGame Sekilas Tentang 3D Game Engine
Maret 14, 2016
Game
artinya permainan dan engine artinya mesin. Game engine itu sendiri merupakan perangkat
lunak yang digunakan untuk menciptakan perangkat lunak lain, yaitu game. Engine
dalam pembuatan game itu sendiri ada yang berbayar da nada yang gratis. Pada
artikel Saya kali ini akan membahas tentang beberapa game engine yang berbayar
mau pun yang tidak berbayar. Semoga bermanfaat. :)
Game
Engine Berbayar
A. Torque 3D
Judul-judul
komersial yang dikembangkan dengan menggunakan Torque engine diantaranya
BoneTown, Blockland, Marble Blast Gold, Minions of Mirth, TubeTwist, Ultimate Duck
Hunting, Wildlife Tycoon: Venture Africa, ThinkTanks, The Destiny of Zorro,
Penny Arca de Adventures dan permainan video S.P.A.Z., Frozen Synapse, The Cat and
the Coup, dan BeamNG.drive.
Torque
engine dan produk turunannya banyak tersedia lisensinya di GarageGames, sebuah
perusahaan yang dibentuk oleh banyak anggota tim Tribes 2 di Dynamix.
GarageGames kemudian diakuisisi oleh InstantAction, tapi pada 11 November 2010,
InstantAction mengumumkan bahwa hal tersebut meredupkan penjualannya yang
kemudian mencari pembeli yang berpotensial untuk Torque. Pada Januari 19, 2011,
GarageGames mengumumkan mereka kembali ke nama lama mereka tetapi dengan
pemilik yang baru. Torque 3D dan sebagian besar produk mereka yang lain siap
untuk dilanjutkan dan didukung.
Torque
3D terbaru versi 1.2 dirilis di bawah lisensi MIT pada 20 September 2012, dan
saat ini di versi 3,7. Dirancang sebagai penerus TGEA, Torque 3D yang mendukung
fitur PhysX, fitur modern Shader, dan model canggih pencahayaan. T3D juga support
pada Windows dan penyebaran browser berbasis standar. Torque engine mendukung
pemuatan model 3D dalam DTS dan format file DIF. Bentuk DTS dan DIF kini telah
digantikan oleh COLLADA, yang lebih sering mendukung format file. Format
tersebut kini telah telah benar-benar usang, sementara DTS masih digunakan
sebagai format internal.
Tutorial
Kelebihan
dari Torque engine ialah pada fiturnya yang menyediakan kode jaringan yang
kuat, scripting, dan pembuatan GUI-nya. Source code dapat di-compile pada platform
Windows, Macintosh, Linux, Wii, Xbox 360 dan iPhone.
Berikut adalah harga
yang dibandrol untuk aplikasi Torque 3D:
B. Shiva 3D
ShiVa
3D adalah game dan aplikasi 3D yang mudah digunakan, namun dengan editor WYSIWYG
(What You See Is What You Get) yang kuat. ShiVa menantang anda untuk mengasah ide
kreatif, seni, kode, dan perangkat keras yang Anda gunakan.
ShiVa
dapat mengekspor game dan aplikasi untuk lebih dari 20 platform, termasuk
ponsel seperti iOS, Android, BlackBerry dan Windows Phone, desktop seperti
Windows, Mac OS X dan Linux, Web browser yang mendukung Flash, HTML5, serta
konsol permainan seperti Xbox 360, PlayStation3 dan Nintendo Wii.
Tutorial
ShiVa
membantu Anda dalam membuat permainan dan mempublikasikannya ke platform
pilihan Anda. ShiVa telah banyak digunakan untuk membuat permainan yang menakjubkan,
kualitas tinggi selama bertahun-tahun, baik oleh penerbit besar dan
studio-studio indie kecil yang serupa.
ShiVa
Editor WYSIWYG merancang game dan aplikasi. WYSIWYG datang dengan 21 modul,
mulai dari perancangan animasi sampai pembuatan animasi yang menggunakan kode
yang terintegrasi. Tidak peduli Anda merancang first person shooter, permainan balapan, permainan aksi atau
permainan puzzle, ShiVa memiliki alat yang tepat untuk Anda gunakan.
Berikut adalah harga
yang dibandrol untuk aplikasi ShiVa 3D:
C. CryEngine
Cryengine
adalah game engine yang digunakan untuk membuat game berkualitas atau biasa
disebut Game AAA (Triple A). Software ini dibuat oleh Crytek GmbH Studio di
Jerman. Berbagai macam game yang dibuat dari Cryengine yaitu Crysis, Crysis
Warhead, Crysis 2, Crysis 3, dan yang terbaru tahun 2014 yaitu Ryse Son of
Rome. Cryengine menggunakan teknologi
realtime rendering yang memberikan desainer game dengan fitur WYSIWYP(“What you
see is what you play”). Tool ini juga memberikan tool yang intuitif untuk
memodifikasi level secara real-time.
Cryengine
menjadi pilihan yang baik karena software ini mendukung visualisasi antara
lingkungan dan arsitektur bangunan. Termasuk didalamnya terdapat berbagai fitur seperti Terrain map editor, dynamic
time of day, pencahayaan real time,
mendukung penyebaran vegetasi dalam jumlah besar, dan lain-lain.
Tutorial
Cryengine
dikembangkan oleh CryteK. Software ini menyediakan fasilitas yang sangat
memadai untuk pengembang permainan. Awalnya Cryengine dikembangkan untuk
demonstrasi teknologi, tetapi setelah itu berubah menjadi sebuah software untuk
membuat dan mengembangkan permainan. Versi ketiga dan diperbarui dirilis pada
tahun 2009, dan perangkat lunak ini bekerja secara efektif pada Microsoft
Windows, Xbox dan Play station 3. Pada tahun 2011, Cryengine muncul dengan
banyak perbaikan dan inovasi untuk pengguna.
CryEngine
versi 1
Pada
versi original ini, awalnya CryEngine cukup sukses untuk penggarapan game first
person shooter Far Cry tahun 2004. Kala itu CryEngine dikembangkan oleh Crytek
sebagai demo teknologi untuk Nvidia.
Ketika kartu video dengan dukungan untuk 3,0 pixel dan vertex shader
dibebaskan, Crytek akhirnya kembali merilis CryEngine versi 1.2 dengan
kemampuan lebih baik. Bahkan setelah itu dirilis juga CryEngine versi 1.3 yang
menambahkan dukungan untuk pencitraan HDR. Pada versi-versi awal, CryEngine
juga sempat dipakai untuk menggarap sebuah MMORPG berjudul Aion: The Tower of
Eternity.
CryEngine
versi 2
CryEngine
versi 2 menjadi langkah yang besar bagi Crytek karena dengan versi ini hadirlah
beberapa game populer terbaik seperti Crysis tahun 2007dan sekuelnya Crysis
Warhead tahun 2008. Selanjutnya Pada 7 Maret 2011 sebuah developer game Simpson
Studios resmi memakai CryEngine 2 untuk digunakan pada penggarapan Massively
Multiplayer Dunia Virtual ( MMVW ) dengan judul terraformed Mars. Tidak hanya perusahaan game saja, Ringling
College of Art & Design menjadi institusi pendidikan tinggi pertama di
dunia yang menggunakan CryEngine 2 untuk
tujuan studi.
CryEngine
versi 3
Setelah
CryEngine versi 2 penggunaannya garis besar untuk platform PC Microsoft
Windows, untuk versi 3 kali ini lebih memiliki keunggulan karena sudah
kompatibel untuk penggarapan game konsol. Alhasil semakin banyak developer game
yang menggunakan CryEngine seperti Piranha Games, The Chinese Room, City
Interactive, Capcom, Undead Labs dan masih banyak lagi yang lain. Dengan
CryEngine 3 banyak bermunculan game-game berkualitas, diantaranya Crysis 3,
MechWarrior Online, Sniper Ghost Warrior 2, State of Decay, dan Warface,
CryEngine
4
Merupakan
versi terbaru dari CryEngine, dan sudah mendukung untuk pembuatan game konsol
Next gen, PlayStation 4 dan Xbox One. Hingga artikel ini diturunkan, setidaknya
ada beberapa developer yang menggunakan CryEngine 4 untuk proyek game mereka
seperti Battlecry Studiosm, Arkane Studios, Cloud Imperium Games Corporation
dan lain-lain.
Engine
Gratis
A. Unity Free Edition
Unity
merupakan ekosistem pengembangan game: mesin render yang kuat terintegrasi
dengan satu set lengkap alat intuitif dan alur kerja yang cepat untuk membuat
konten 3D interaktif, penerbitan multiplatform yang mudah, ribuan kualitas,
aset siap pakai di Asset Store dan berbagi pengetahuan di komunitas.
Untuk
developer dan studio independen, Unity dengan demokratisasi ekosistem
menghancurkan waktu dan biaya hambatan untuk menciptakan permainan unik dan
indah. Mereka menggunakan Unity untuk membangun penghidupan melakukan apa yang
mereka suka: menciptakan permainan yang menghubungkan dan menyenangkan pemain
pada platform apapun.
Unity
3d adalah salah satu software yang bagus untuk mengembangkan game 3D dan selain
itu juga merupakan software atau aplikasi yang interaktif dan atau dapat juga
digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Unity lebih tepat dijelaskan sebagai salah satu software untuk
mengembangkan video game atau disebut juga game engine , yang sebanding dengan
game engine yang lain contohnya saja: Director dan Torque game engine. Unity
sebanding dengan mereka ( Director dan Torque ) dikarenakan mereka semua sama –
sama menggunakan grafis yang digunakan untuk pengembangan aplikasi 3D.
Dalam
beberapa tahun perkembangannya, sebelum dirilis, Unity telah diluncurkan
pertama kali sebagai versi pra – rilis dengan GooBall sebuah video game yang
didesain khusus untuk Apple Macintosh. GooBall, dengan unity pra – rilis ,
telah diluncurkan atau diumumkan pada bulan Maret tahun 2005, sementara itu
Unity diluncurkan secara resmi sebagai aplikasi yang bersifat komersial pada
dua bulan setelahnya yaitu bulan Juni tahun 2005.
Satu
tahun kemudian yaitu tahun 2006, aplikasi pengembang game ini telah menjadi
nominasi untuk Apple design awards dalam kategori “Best OS X Graphics”. Unity
juga disebut sebagai aplikasi pengembang multiplatform, yang mana artinya unity
mendukung untuk mengembangkan aplikasi game dan aplikasi yang lain untuk
beberapa platforms seperti game console, Mobile Phone platforms, Windows dan OS
X.
Sejak
unity secara resmi dirilis sebagai Unity versi 1.0.1, banyak pembaharuan
(update), upgrades dan fitur yang telah ditambahkan selama tahun perilisannya
tersebut dan Unity terus berkembang secara terus – menerus. Sekarang ini Unity
sudah ada pada versi 3.0 yang telah diumumkan pada bulan Maret 2010,
bagaimanapun versi ini masih didalam pre order, yang mana artinya pengguna
dapat memesan tetapi sebenarnya software masih belum rilis untuk pengiriman.
Unity
ada atau datang dengan beberapa pilihan perijinan (license), berkisar dari yang
gratis untuk Unity paket utama ( dasar ) untuk Unity pro, untuk satu license dijual dengan harga $1200.
Baik Unity yang versi gratis dan Unity yang versi pro menawarka banyak fitur yang
dapat digunakan, masih untuk yang versi gratis memperlihatkan sebuah halaman
spash pada game yang tetap (regular), dan desain untuk game online menggunakan
Unity watermark.
Lebih
dari beberapa tahun banyak game yang dikembangkan dan dibuat berjalan pada
Unity, beberapa lebih ketetapan berada dalam satu bungkus atau masukkan: Butuh
Kecepatan: Dunia, yang mana sekarang ini dalam perkembangan dan waktunya rilis
berikutnya pada tahun ini, WolfQuest, yang mana rilis pada tahun 2007, Tiger
Woods PGA Tour Online , yang mana telah dibuat pada April pada tahun 2007 dan
Atmosphir , yang mana banyak game baru yang dapat berjalan di Unity.
Fitur-fitur
pada aplikasi Unity
Rendering
Graphics
engine yang digunakan adalah Direct3D (Windows, Xbox 360), OpenGL (Mac,
Windows, Linux, PS3), OpenGL ES (Android, iOS), dan proprietary APIs (Wii). Ada
pula kemampuan untuk bump mapping, reflection mapping, parallax mapping, screen
space ambient occlusion (SSAO), dynamic shadows using shadow maps,
render-to-texture and full-screen post-processing effects.
Unity
dapat mengambil format desain dari 3ds Max, Maya, Softimage, Blender, modo,
ZBrush, Cinema 4D, Cheetah3D, Adobe Photoshop, Adobe Fireworks and
Allegorithmic Substance. Asset tersebut dapat ditambahkan ke game project dan
diatur melalui graphical user interface Unity.
ShaderLab
adalah bahasa yang digunakan untuk shaders, dimana mampu memberikan deklaratif
“programming” dari fixed-function pipeline dan program shader ditulis dalam
GLSL atau Cg. Sebuah shader dapat menyertakan banyak varian dan sebuah
spesifikasi fallback declarative, dimana membuat Unity dapat mendeteksi
berbagai macam video card terbaik saat ini, dan jika tidak ada yang kompatibel,
maka akan dilempar menggunakan shader alternatif yang mungkin dapat menurunkan
fitur dan performa.
Pada
3 Agustus 2013, seiring dengan diluncurkannya versi 4.2, Unity mengijinkan
developer indie mengunakan Realtime shadows hanya untuk Directional lights, dan
juga menambahkan kemampuan dari DirectX11 yang memberikan shadows dengan
resolusi pixel yang lebih sempurna, textur untuk membuat objek 3d dari
grayscale dengan lebih grafik facial, animasi yang lebih halus dan mempercepat
FPS.
Scripting
Script
game engine dibuat dengan Mono 2.6, sebuah implementasi open-source dari .NET
Framework. Programmer dapat menggunakan UnityScript (bahasa terkustomisasi yang
terinspirasi dari sintax ECMAScript, dalam bentuk JavaScript), C#, atau Boo
(terinspirasi dari sintax bahasa pemrograman phyton). Dimulai dengan dirilisnya
versi 3.0, Unity menyertakan versi MonoDevelop yang terkustomisasi untuk debug
script.
Asset
Tracking
Unity
juga menyertakan Server Unity Asset – sebuah solusi terkontrol untuk defeloper
game asset dan script. Server tersebut menggunakan PostgreSQL sebagai backend,
sistem audio dibuat menggunakan FMOD library (dengan kemampuan untuk memutar
Ogg Vorbis compressed audio), video playback menggunakan Theora codec, engine
daratan dan vegetasi (dimana mensuport tree billboarding, Occlusion Culling
dengan Umbra), built-in lightmapping dan global illumination dengan Beast, multiplayer
networking menggunakan RakNet, dan navigasi mesh pencari jalur built-in.
Platforms
Unity
support pengembangan ke berbagai plaform. Didalam project, developer memiliki
kontrol untuk mengirim keperangkat mobile, web browser, desktop, and console. Unity
juga mengijinkan spesifikasi kompresi textur dan pengaturan resolusi di setiap
platform yang didukung.
Saat
ini platform yang didukung adalah BlackBerry 10, Windows 8, Windows Phone 8,
Windows, Mac, Linux, Android, iOS, Unity Web Player, Adobe Flash, PlayStation
3, Xbox 360, Wii U and Wii. Meskipun tidak semua terkonfirmasi secara resmi,
Unity juga mendukung PlayStation Vita yang dapat dilihat pada game Escape Plan
dan Oddworld: New ‘n’ Tasty.
Rencana
platform berikutnya adalah PlayStation 4 dan Xbox One. Dan juga rumor untuk
kedepanya mengatakan HTML akan menjadi platformnya, dan plug-in Adobe baru
dimana akan disubtitusikan ke Flash Player, juga akan menjadi platform
berikutnya.
Asset
Store
Diluncurkan
November 2010, Unity Asset Store adalah sebuah resource yang hadir di Unity
editor. Asset store terdiri dari koleksi lebih dari 4,400 asset packages,
beserta 3D models, textures dan materials, sistem particle, musik dan efek
suara, tutorial dan project, scripting package, editor extensions dan servis online.
Physics
Unity
juga memiliki suport built-in untuk PhysX physics engine (sejak Unity 3.0) dari
Nvidia (sebelumnya Ageia) dengan penambahan kemampuan untuk simulasi real-time
cloth pada arbitrary dan skinned meshes, thick ray cast, dan collision layers.
Game-game
yang dibuat menggunakan Unity
B. Unreal Development Kit
Unreal
Engine bisa menjadi game engine yang paling mengerikan. Hal ini terbukti dari
banyaknya developer game raksasa yang menggunakan mesin Unreal Engine untuk
membangun game berkualitas tinggi, utamanya untuk level grafis yang hampir
menyentuh realistik.
Unreal
Engine memiliki beberapa versi yang terus berkembang. Diantaranya adalah Unreal
Development Kit (UDK) yang dirilis pada 2010 lalu. Meski terbilang mesin yang
lahir setengah dekade yang lalu, UDK tetap mampu menunjukan taring tajamnya.
UDK adalah game engine gratis karena sebenarnya ini adalah Unreal Engine 3
(saat ini sudah dirilis versi 4) yang lisensinya sengaja digratiskan kepada
publik.
demo
Alasannya
adalah untuk pengembangan game berskala independent. Karena ini adalah versi
gratis, jadi tidak disarankan untuk developer raksasa menggunakan UDK.
Sebaiknya gunakan Unreal Engine 4 (berbayar). Meski gratis UDK tetap bisa
menciptakan game-game berkualitas. Tetapi dengan batasan lisensi, yakni tidak
bisa menjual copy game. Hanya bisa dibagikan secara gratis.
C. 3D RAD Pro
3D
RAD adalah perangkat lunak freeware yang dikembangkan oleh Fernando Zanini dan
didukung oleh vendor NVIDIA PhysX. 3D RAD digunakan untuk membuat game 3D,
aplikasi 3D interaktif dan berbasis simulasi fisika yang berjalan pada sistem
operasi Microsoft Windows XP/Vista/7/8.
Sebagai
game engine, 3D Rad mempunyai editor yang berisi kumpulan komponen yang disebut
objek. Objek tersebut bisa dimanipulasi dengan dikombinasikan dan
dikonfigurasikan menggunakan berbagai macam cara. Dalam menciptakan suatu game
sederhana pada 3D RAD, pembuat game tidak perlu memahami bahasa pemrograman
secara mendalam karena 3D RAD menggunakan minimal scripting.
3D
RAD tidak memberikan batasan atas kreatifitas pembuat game. Sesuai perkembangan
desain yang mengharuskan berorientasi objek, maka 3D Rad mendukung scripting
via AngelScript yang berbasis C++. yaitu script yang dibuat para user dan
modulnya dapat diterapkan dan diinteraksikan dengan objek - objek dan script
yang lainnya.
Dengan
demikian, para pembuat game dapat berkreasi tanpa batas dengan script (secara
profesional) maupun tanpa script (secara amatir). Penggunaan script akan
semakin sering seiring dengan kompleksitas game yang akan dibuat.
Berikut ini adalah keseluruhan
objek siap pakai yang ada pada 3D RAD beserta fungsinya ;
Airfoil
Digunakan untuk memberi
gaya aerodinamis pada objek lain yang memiliki relasi dengan Airfoil. Objek
Airfoil dapat diinteraksikan dengan RigidBody dan Wind.
AnimationControl
Berfungsi untuk
mengontrol animasi pada model 3D dan objek Skinmesh. Animasi yang dapat
dikontrol oleh objek ini adalah animation sequences yang terdapat pada model 3D
berformat DirectX (.X).
Ball
Ball adalah objek bola
siap pakai yang bersifat solid yang dapat mendeteksi tumbukan (collision) antar
objek yang juga bersifat solid. Objek ball juga sudah memiliki beberapa
property seperti massa (mass), radius dan pantulan (bounciness)
Buoy
Buoy berfungsi sebagai
simulasi pelampung yang diterapkan pada berbagai objek yang memiliki massa
sehingga objek tersebut dapat mengapung di permukaan air, maupun melayang di
air.
Cam1StPerson
Berfungsi sebagai
kamera yang berorientasi pada sudut pandang user sebagai pemain (orang
pertama). Kamera ini sekaligus berfungsi sebagai karakter utama.
CamChase
Selain sebagai kamera
biasa, CamChase memiliki property ‘Chase’ pada objek lain yang akan dijadikan
target kamera. CamChase juga memiliki efek kamera seperti buram (blur) dan efek
shaking.
Car
Car merupakan objek utama
yang umum digunakan pada 3D rad. Car merupakan objek mobil yang sudah siap
digunakan.
CarAI
CarAI (Car Artificial
Intelegence) adalah fitur kecerdasan buatan yang dapat lagsung diinteraksikan
dengan Car. CarAI membuat mobil bisa bergerak secara auto (sendiri) sesuai
dengan property AI yang digunakan.
Character
Berfungsi sebagai
kontrol dari sebuah karakter. Character dapat diinteraksikan dengan RigidBody
yang bentuknya dapat bergerak bebas (seperti bola).
ConfigureControls
Jika objek ini
ditambahkan dalam game, maka user dapat menentukan sendiri input yang akan
digunakan dalam game. Contoh : Walaupun secara default game dimainkan dengan
keyboard, tidak menutup kemungkinan user dapat menggunakan joystick sebagai
input device.
Counter
Counter adalah objek
yang digunakan sebagai pengganti fungsi increment/decrement suatu parameter.
Counter biasa diterapkan untuk mengubah value parameter seperti score, lives,
player health dan sebagainya.
EventOnContact
EventOnContact akan
menjalankan perintah yang telah dibuat sebelumnya jika mendeteksi
tumbukan/kontak fisik/ collision antar objek solid.
EventOnInput
EventOnInput akan
menjalankan perintah yang telah dibuat sebelumnya jika mendeteksi adanya input
dari user.
EventOnLocation
EventOnLocation akan
menjalankan perintah yang telah dibuat sebelumnya jika objek yang memiliki
relasi dengan EventOnLocation berada pada lokasi yang telah ditentukan.
EventOnObjectId
Walaupun memiliki
bentuk yang sama, setiap objek memiliki Id tersendiri. User bisa memberi
perintah yang berbeda pada ObjectId yang berbeda.
EventOnProximity
EventOnValue
menjalankan perintah yang telah dibuat sebelumnya jika telah mencapai kondisi
jarak antar objek.
EventOnValue
EventOnValue
menjalankan perintah yang telah dibuat sebelumnya jika telah mencapai kondisi
value tertentu.
EventTimer
EventTimer akan
memulai/menghentikan property active dari sebuah objek setelah waktu yang
ditentukan telah habis.
ExitFade
ExitFade adalah objek
yang berfungsi untuk mengakhiri project yang aktif dan memulai project
selanjutnya dengan efek fade.
Fog
Digunakan untuk
menambahkan efek kabut(fog) pada game.
Force
Force digunakan untuk
menambahkan gaya pada objek 3D yang berbentuk fisik seperti RigidBody.
ForceFeedback
ForceFeedback adalah
objek yang berfungsi untuk mensimulasikan gaya sebab-akibat. Contohnya dalam
kasus bola yang memantul.
G-Force
G-Force diterapkan
untuk memberikan simulasi gaya gravitasi. Seluruh objek fisik yang memiliki
relasi terhadap G-Force akan jatuh sesuai dengan arah gravitasi.
Group
Group digunakan untuk
mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup. Penggunaan group tidak akan
berpengaruh pada relasi antar objek. Group hanya memudahkan user dalam mengatur
letak dan posisi objek dalam jumlah banyak sekaligus.
GUIWindow
GUIWindow dapat
memberikan tampilan GUI pada game untuk mengatur parameter-parameter yang
diijinkan untuk diubah.
HighwayConstructionKit
Digunakan untuk
mendesain konstruksi jalan raya di dalam game. Objek ini merupakan objek fisik
statis yang dapat mendeteksi collision dengan objek Car.
Imposter
Imposter digunakan
untuk melakukan kloning / penggandaan objek pada saat game di-run oleh user
atau dalam kondisi tertentu. Penggandaan objek dapat dilakukan secara acak
(random) ataupun dengan pola.
Joint
Joint adalah objek non
fisik yang berfungsi untuk menggabungkan antara objek fisik yang satu dengan
objek fisik yang lain.
Particles
Particles digunakan
untuk menambah efek yang berbentuk partikel seperti ledakan, hujan, salju,
asap, debu dan lain-lain.
Path
Path adalah objek 3D
non fisik yang digunakan untuk membuat suatu jalur (path) yang dapat diikuti /
ditelusuri oleh objek yang terkait.
PathFinder
PathFinder digunakan
untuk membuat suatu objek dapat menemukan target yang ditentukan. Objek dapat
mencari target melalui jalur tercepat walaupun diberikan halangan atau
rintangan.
PCar
PCar adalah objek yang
hampir sama dengan Car namun memiliki fitur dan parameter yang lebih lengkap.
PointLight
Berfungsi sebagai
sumber cahaya pada game. Peletakkan PointLight akan berpengaruh pada bayangan
(shadows) setiap objek yang memiliki parameter shadows.
Projectile
Projectile berfungsi
untuk memberikan gaya seperti peluru pada objek. Objek dapat terlempar bahkan
melesat sesuai dengan nilai kelajuan yang diberikan.
RaceTracker
RaceTracker adalah
objek fisik yang digunakan untuk membuat lintasan balapan. RaceTracker sudah
dilengkapi beberapa property yang direlasikan dengan CarAI supaya CarAI dapat
mendeteksi lintasan balap.
RigidBody
RigidBody adalah objek
fisik yang dibentuk dari model 3D berformat DirectX (.X). RigidBody dapat
mendeteksi adanya collision antar objek fisik. RigidBody juga dapat memiliki
massa dan dapat direlasikan dengan gravitasi (G-Force / Force).
Rock
Rock adalah objek siap
pakai berupa bentuk batu-batuan.
Scanner
Scanner adalah objek
non fisik yang digunakan untuk mendeteksi objek fisik yang berada dalam garis
lurus scanner. Cara kerja scanner mirip seperti cara kerja sinar laser di dunia
nyata.
Script
Script adalah objek
yang memungkinkan user menuliskan kode (melakukan coding) dengan bahasa
pemrograman C++ yang telah memiliki fungsi-fungsi 3DRad. Bahasa ini juga sering
disebut AngelScript.
Skinmesh
Skinmesh adalah objek
fisik yang tidak memiliki massa dan tidak dapat mendeteksi collision antar
objek.Skinmesh biasanya digunakan untuk membuat “kulit” dari RigidBody.
SkyBox
Digunakan untuk
memberikan objek langit (cakarawala) pada game.
SoundEffect
SoundEffect adalah
objek yang digunakan untuk menambahkan efek suara.
SoundSource
SoundSource adalah
objek yang diggunakan untuk menambahkan sumber suara pada suatu objek fisik.
Suara yang dihasilkan akan sesuai dengan keberadaan objek. Jika objek ada di
jarak yang jauh, volume sumber suaranya akan mengecil, begitu pula sebaliknya.
Spring
Spring adalah objek
yang memiliki visualisasi bentuk shockbreaker (peredam kejut) dan memiliki
sifat yang mirip pegas. Objek ini dapat diaplikasikan pada Car maupun PCar
untuk menambah kesan realistis secara visual.
Sprite
Sprite adalah objek
dengan 2 dimensi. Pada umumnya sprite diimplementasikan dalam bentuk menu,
tombol, karakter dan background.
SunLight
SunLight adalah objek
non fisik yang dapat memberikan pencahayaan pada objek fisik lain. Objek ini
disimulasikan seperti cahaya matahari.
Switch
Switch adalah fungsi
yang digunakan untuk melakukan pertukaran (switch) pada objek fisik yang
di-handle olehnya.
Terrain
Terrain adalah objek
fisik siap pakai yang digunakan untuk mensimulasikan kontur permukaan tanah
(terrain).
TextPrint
TextPrint digunakan
untuk menampilkan teks pada display game.
Trail
Secara fungsi, Trail
hampir mirip dengan Particles. Bedanya, Trail akan meninggalkan jejak partikel
sepanjang jalur yang dilewati.
Transform
Transform adalah objek
non fisik yang berfungsi untuk memberikan transformasi pada suatu objek fisik.
Tree
Tree adalah objek fisik
yang memiliki visualisasi bentuk pohon. Objek memiliki property collision
detection yang dapat diatur.
ValueLabel
ValueLabel digunakan
untuk mencetak suatu value (seperti score, money, health, dsb.) ke layar.
ValueLabelBar
ValueLabel digunakan
untuk mencetak suatu value (seperti score, money, health, dsb.) ke layar namun
dalam bentuk persegi panjang (bar).
Velocity
Velocity digunakan
unruk memberi kelajuan pada suatu objek fisik. Fungsi objek ini hampir sama dengan
Projectile.
WayPoint
WayPoint dapat
dijadikan objek fisik maupun non fisik. Fungsinya adalah untuk menandai
CheckPoint suatu tempat. Objek ini biasa dipakai pada game balapan (racing).
Wheel
Wheel adalah objek siap
pakai yang berfungsi sebagai “kulit” dari roda pada Car / PCar.
Wind
Wind adalah objek non
fisik yang siap pakai. Wind berfungsi untuk mensimulasikan gaya akibat angin.
Objek yang dapat dipengaruhi oleh Wind adalah AirFoil dan RigidBody.
Tutorial
D. Blender
Blender
adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di
kalangan desainer. Blender memberikan spektrum pemodelan yang luas, texturing,
pencahayaan, animasi dan video fungsionalitas, pengolahan pasca dalam satu
paket. Blender adalah salah satu aplikasi grafis paling populer Open Source 3D
di dunia.
Blender
tercipta dari komunitas pecinta animasi dari berbagai latar belakang. Mereka
beraliansi membuat sebuah software yang free (open source) dan bebas
dikembangkan. Blender digagas oleh Ton Roosendaal (Belanda). Mulanya Ton
Roosendaal mendirikan studio animasi (1988-2002) kemudian Blender menjadi
software shareware animation di tahun yang sama Ton Roosendaal mendirikan
Blender institute. Sejak periode 2002 sampai sekarang, Blender selalu update
fitur, interface dan performanya, sehingga kemampuan Blender untuk digunakan
produksi animasi tidak diragukan, terbukti dengan hasil open movie beberapa film
keluaran sintel (Blender Institute).
Perangkat
lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai
sistem operasi, seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, IRIX, Solaris,
NetBSD, FreeBSD, OpenBSD.
Perangkat
lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil
siapa saja. Di Blender juga tersedia Game Engine, mesin untuk membuat game
menggunakan logic bricks, Dan ada juga Cycles render.
Fitur-fitur
pada aplikasi Blender
Header
Menu utama Blender yang terdiri atas File, Add, Render, dan Help.
Viewport
Tampilan yang terdiri
dari objek 3D atas objek lainnya.
Toolbar
Terdiri atas daftar
tools yang memiliki sifat dinamis menurut objeknya.
Outliner
Struktur data dari
objek pada Blender.
Properties
Panel yang memuat
berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek atau animasi dan bersifat
dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang aktif.
Timeline
Instruksi yang terkait
dengan frame animasi atau untuk sequencer.
Game-game
yang dibuat menggunakan Blender
Referensi:
0 komentar