#PetGame Sekilas Tentang 3D Game Engine

Maret 14, 2016



Game artinya permainan dan engine artinya mesin. Game engine itu sendiri merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menciptakan perangkat lunak lain, yaitu game. Engine dalam pembuatan game itu sendiri ada yang berbayar da nada yang gratis. Pada artikel Saya kali ini akan membahas tentang beberapa game engine yang berbayar mau pun yang tidak berbayar. Semoga bermanfaat. :)

Game Engine Berbayar

A. Torque 3D


Judul-judul komersial yang dikembangkan dengan menggunakan Torque engine diantaranya BoneTown, Blockland, Marble Blast Gold, Minions of Mirth, TubeTwist, Ultimate Duck Hunting, Wildlife Tycoon: Venture Africa, ThinkTanks, The Destiny of Zorro, Penny Arca de Adventures dan permainan video S.P.A.Z., Frozen Synapse, The Cat and the Coup, dan BeamNG.drive.

Torque engine dan produk turunannya banyak tersedia lisensinya di GarageGames, sebuah perusahaan yang dibentuk oleh banyak anggota tim Tribes 2 di Dynamix. GarageGames kemudian diakuisisi oleh InstantAction, tapi pada 11 November 2010, InstantAction mengumumkan bahwa hal tersebut meredupkan penjualannya yang kemudian mencari pembeli yang berpotensial untuk Torque. Pada Januari 19, 2011, GarageGames mengumumkan mereka kembali ke nama lama mereka tetapi dengan pemilik yang baru. Torque 3D dan sebagian besar produk mereka yang lain siap untuk dilanjutkan dan didukung.

Torque 3D terbaru versi 1.2 dirilis di bawah lisensi MIT pada 20 September 2012, dan saat ini di versi 3,7. Dirancang sebagai penerus TGEA, Torque 3D yang mendukung fitur PhysX, fitur modern Shader, dan model canggih pencahayaan. T3D juga support pada Windows dan penyebaran browser berbasis standar. Torque engine mendukung pemuatan model 3D dalam DTS dan format file DIF. Bentuk DTS dan DIF kini telah digantikan oleh COLLADA, yang lebih sering mendukung format file. Format tersebut kini telah telah benar-benar usang, sementara DTS masih digunakan sebagai format internal.

Tutorial



Kelebihan dari Torque engine ialah pada fiturnya yang menyediakan kode jaringan yang kuat, scripting, dan pembuatan GUI-nya. Source code dapat di-compile pada platform Windows, Macintosh, Linux, Wii, Xbox 360 dan iPhone.

Berikut adalah harga yang dibandrol untuk aplikasi Torque 3D:




B. Shiva 3D


ShiVa 3D adalah game dan aplikasi 3D yang mudah digunakan, namun dengan editor WYSIWYG (What You See Is What You Get) yang kuat. ShiVa menantang anda untuk mengasah ide kreatif, seni, kode, dan perangkat keras yang Anda gunakan.

ShiVa dapat mengekspor game dan aplikasi untuk lebih dari 20 platform, termasuk ponsel seperti iOS, Android, BlackBerry dan Windows Phone, desktop seperti Windows, Mac OS X dan Linux, Web browser yang mendukung Flash, HTML5, serta konsol permainan seperti Xbox 360, PlayStation3 dan Nintendo Wii.

Tutorial

ShiVa membantu Anda dalam membuat permainan dan mempublikasikannya ke platform pilihan Anda. ShiVa telah banyak digunakan untuk membuat permainan yang menakjubkan, kualitas tinggi selama bertahun-tahun, baik oleh penerbit besar dan studio-studio indie kecil yang serupa.


ShiVa Editor WYSIWYG merancang game dan aplikasi. WYSIWYG datang dengan 21 modul, mulai dari perancangan animasi sampai pembuatan animasi yang menggunakan kode yang terintegrasi. Tidak peduli Anda merancang first person shooter, permainan balapan, permainan aksi atau permainan puzzle, ShiVa memiliki alat yang tepat untuk Anda gunakan.

Berikut adalah harga yang dibandrol untuk aplikasi ShiVa 3D:





C. CryEngine


Cryengine adalah game engine yang digunakan untuk membuat game berkualitas atau biasa disebut Game AAA (Triple A). Software ini dibuat oleh Crytek GmbH Studio di Jerman. Berbagai macam game yang dibuat dari Cryengine yaitu Crysis, Crysis Warhead, Crysis 2, Crysis 3, dan yang terbaru tahun 2014 yaitu Ryse Son of Rome. Cryengine menggunakan    teknologi realtime rendering yang memberikan desainer game dengan fitur WYSIWYP(“What you see is what you play”). Tool ini juga memberikan tool yang intuitif untuk memodifikasi level secara real-time.

Cryengine menjadi pilihan yang baik karena software ini mendukung visualisasi antara lingkungan dan arsitektur bangunan. Termasuk didalamnya terdapat  berbagai fitur seperti Terrain map editor, dynamic time of day, pencahayaan real time,   mendukung penyebaran vegetasi dalam jumlah besar, dan lain-lain.

Tutorial

Cryengine dikembangkan oleh CryteK. Software ini menyediakan fasilitas yang sangat memadai untuk pengembang permainan. Awalnya Cryengine dikembangkan untuk demonstrasi teknologi, tetapi setelah itu berubah menjadi sebuah software untuk membuat dan mengembangkan permainan. Versi ketiga dan diperbarui dirilis pada tahun 2009, dan perangkat lunak ini bekerja secara efektif pada Microsoft Windows, Xbox dan Play station 3. Pada tahun 2011, Cryengine muncul dengan banyak perbaikan dan inovasi untuk pengguna.

CryEngine versi 1

Pada versi original ini, awalnya CryEngine cukup sukses untuk penggarapan game first person shooter Far Cry tahun 2004. Kala itu CryEngine dikembangkan oleh Crytek sebagai demo teknologi untuk Nvidia.  Ketika kartu video dengan dukungan untuk 3,0 pixel dan vertex shader dibebaskan, Crytek akhirnya kembali merilis CryEngine versi 1.2 dengan kemampuan lebih baik. Bahkan setelah itu dirilis juga CryEngine versi 1.3 yang menambahkan dukungan untuk pencitraan HDR. Pada versi-versi awal, CryEngine juga sempat dipakai untuk menggarap sebuah MMORPG berjudul Aion: The Tower of Eternity.

CryEngine versi 2

CryEngine versi 2 menjadi langkah yang besar bagi Crytek karena dengan versi ini hadirlah beberapa game populer terbaik seperti Crysis tahun 2007dan sekuelnya Crysis Warhead tahun 2008. Selanjutnya Pada 7 Maret 2011 sebuah developer game Simpson Studios resmi memakai CryEngine 2 untuk digunakan pada penggarapan Massively Multiplayer Dunia Virtual ( MMVW ) dengan judul terraformed Mars.  Tidak hanya perusahaan game saja, Ringling College of Art & Design menjadi institusi pendidikan tinggi pertama di dunia yang  menggunakan CryEngine 2 untuk tujuan studi.

CryEngine versi 3

Setelah CryEngine versi 2 penggunaannya garis besar untuk platform PC Microsoft Windows, untuk versi 3 kali ini lebih memiliki keunggulan karena sudah kompatibel untuk penggarapan game konsol. Alhasil semakin banyak developer game yang menggunakan CryEngine seperti Piranha Games, The Chinese Room, City Interactive, Capcom, Undead Labs dan masih banyak lagi yang lain. Dengan CryEngine 3 banyak bermunculan game-game berkualitas, diantaranya Crysis 3, MechWarrior Online, Sniper Ghost Warrior 2, State of Decay, dan Warface,

CryEngine 4

Merupakan versi terbaru dari CryEngine, dan sudah mendukung untuk pembuatan game konsol Next gen, PlayStation 4 dan Xbox One. Hingga artikel ini diturunkan, setidaknya ada beberapa developer yang menggunakan CryEngine 4 untuk proyek game mereka seperti Battlecry Studiosm, Arkane Studios, Cloud Imperium Games Corporation dan lain-lain.


Engine Gratis

A. Unity Free Edition


Unity merupakan ekosistem pengembangan game: mesin render yang kuat terintegrasi dengan satu set lengkap alat intuitif dan alur kerja yang cepat untuk membuat konten 3D interaktif, penerbitan multiplatform yang mudah, ribuan kualitas, aset siap pakai di Asset Store dan berbagi pengetahuan di komunitas.

Untuk developer dan studio independen, Unity dengan demokratisasi ekosistem menghancurkan waktu dan biaya hambatan untuk menciptakan permainan unik dan indah. Mereka menggunakan Unity untuk membangun penghidupan melakukan apa yang mereka suka: menciptakan permainan yang menghubungkan dan menyenangkan pemain pada platform apapun.

Unity 3d adalah salah satu software yang bagus untuk mengembangkan game 3D dan selain itu juga merupakan software atau aplikasi yang interaktif dan atau dapat juga digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Unity lebih tepat  dijelaskan sebagai salah satu software untuk mengembangkan video game atau disebut juga game engine , yang sebanding dengan game engine yang lain contohnya saja: Director dan Torque game engine. Unity sebanding dengan mereka ( Director dan Torque ) dikarenakan mereka semua sama – sama menggunakan grafis yang digunakan untuk pengembangan aplikasi 3D.

Dalam beberapa tahun perkembangannya, sebelum dirilis, Unity telah diluncurkan pertama kali sebagai versi pra – rilis dengan GooBall sebuah video game yang didesain khusus untuk Apple Macintosh. GooBall, dengan unity pra – rilis , telah diluncurkan atau diumumkan pada bulan Maret tahun 2005, sementara itu Unity diluncurkan secara resmi sebagai aplikasi yang bersifat komersial pada dua bulan setelahnya yaitu bulan Juni tahun 2005.

Satu tahun kemudian yaitu tahun 2006, aplikasi pengembang game ini telah menjadi nominasi untuk Apple design awards dalam kategori “Best OS X Graphics”. Unity juga disebut sebagai aplikasi pengembang multiplatform, yang mana artinya unity mendukung untuk mengembangkan aplikasi game dan aplikasi yang lain untuk beberapa platforms seperti game console, Mobile Phone platforms, Windows dan OS X.


Sejak unity secara resmi dirilis sebagai Unity versi 1.0.1, banyak pembaharuan (update), upgrades dan fitur yang telah ditambahkan selama tahun perilisannya tersebut dan Unity terus berkembang secara terus – menerus. Sekarang ini Unity sudah ada pada versi 3.0 yang telah diumumkan pada bulan Maret 2010, bagaimanapun versi ini masih didalam pre order, yang mana artinya pengguna dapat memesan tetapi sebenarnya software masih belum rilis untuk pengiriman.

Unity ada atau datang dengan beberapa pilihan perijinan (license), berkisar dari yang gratis untuk Unity paket utama ( dasar ) untuk Unity pro,  untuk satu license dijual dengan harga $1200. Baik Unity yang versi gratis dan Unity yang versi pro menawarka banyak fitur yang dapat digunakan, masih untuk yang versi gratis memperlihatkan sebuah halaman spash pada game yang tetap (regular), dan desain untuk game online menggunakan Unity watermark.

Lebih dari beberapa tahun banyak game yang dikembangkan dan dibuat berjalan pada Unity, beberapa lebih ketetapan berada dalam satu bungkus atau masukkan: Butuh Kecepatan: Dunia, yang mana sekarang ini dalam perkembangan dan waktunya rilis berikutnya pada tahun ini, WolfQuest, yang mana rilis pada tahun 2007, Tiger Woods PGA Tour Online , yang mana telah dibuat pada April pada tahun 2007 dan Atmosphir , yang mana banyak game baru yang dapat berjalan di Unity.

Fitur-fitur pada aplikasi Unity

Rendering
Graphics engine yang digunakan adalah Direct3D (Windows, Xbox 360), OpenGL (Mac, Windows, Linux, PS3), OpenGL ES (Android, iOS), dan proprietary APIs (Wii). Ada pula kemampuan untuk bump mapping, reflection mapping, parallax mapping, screen space ambient occlusion (SSAO), dynamic shadows using shadow maps, render-to-texture and full-screen post-processing effects.

Unity dapat mengambil format desain dari 3ds Max, Maya, Softimage, Blender, modo, ZBrush, Cinema 4D, Cheetah3D, Adobe Photoshop, Adobe Fireworks and Allegorithmic Substance. Asset tersebut dapat ditambahkan ke game project dan diatur melalui graphical user interface Unity.

ShaderLab adalah bahasa yang digunakan untuk shaders, dimana mampu memberikan deklaratif “programming” dari fixed-function pipeline dan program shader ditulis dalam GLSL atau Cg. Sebuah shader dapat menyertakan banyak varian dan sebuah spesifikasi fallback declarative, dimana membuat Unity dapat mendeteksi berbagai macam video card terbaik saat ini, dan jika tidak ada yang kompatibel, maka akan dilempar menggunakan shader alternatif yang mungkin dapat menurunkan fitur dan performa.

Pada 3 Agustus 2013, seiring dengan diluncurkannya versi 4.2, Unity mengijinkan developer indie mengunakan Realtime shadows hanya untuk Directional lights, dan juga menambahkan kemampuan dari DirectX11 yang memberikan shadows dengan resolusi pixel yang lebih sempurna, textur untuk membuat objek 3d dari grayscale dengan lebih grafik facial, animasi yang lebih halus dan mempercepat FPS.

Scripting
Script game engine dibuat dengan Mono 2.6, sebuah implementasi open-source dari .NET Framework. Programmer dapat menggunakan UnityScript (bahasa terkustomisasi yang terinspirasi dari sintax ECMAScript, dalam bentuk JavaScript), C#, atau Boo (terinspirasi dari sintax bahasa pemrograman phyton). Dimulai dengan dirilisnya versi 3.0, Unity menyertakan versi MonoDevelop yang terkustomisasi untuk debug script.

Asset Tracking
Unity juga menyertakan Server Unity Asset – sebuah solusi terkontrol untuk defeloper game asset dan script. Server tersebut menggunakan PostgreSQL sebagai backend, sistem audio dibuat menggunakan FMOD library (dengan kemampuan untuk memutar Ogg Vorbis compressed audio), video playback menggunakan Theora codec, engine daratan dan vegetasi (dimana mensuport tree billboarding, Occlusion Culling dengan Umbra), built-in lightmapping dan global illumination dengan Beast, multiplayer networking menggunakan RakNet, dan navigasi mesh pencari jalur built-in.

Platforms
Unity support pengembangan ke berbagai plaform. Didalam project, developer memiliki kontrol untuk mengirim keperangkat mobile, web browser, desktop, and console. Unity juga mengijinkan spesifikasi kompresi textur dan pengaturan resolusi di setiap platform yang didukung.

Saat ini platform yang didukung adalah BlackBerry 10, Windows 8, Windows Phone 8, Windows, Mac, Linux, Android, iOS, Unity Web Player, Adobe Flash, PlayStation 3, Xbox 360, Wii U and Wii. Meskipun tidak semua terkonfirmasi secara resmi, Unity juga mendukung PlayStation Vita yang dapat dilihat pada game Escape Plan dan Oddworld: New ‘n’ Tasty.

Rencana platform berikutnya adalah PlayStation 4 dan Xbox One. Dan juga rumor untuk kedepanya mengatakan HTML akan menjadi platformnya, dan plug-in Adobe baru dimana akan disubtitusikan ke Flash Player, juga akan menjadi platform berikutnya.

Asset Store
Diluncurkan November 2010, Unity Asset Store adalah sebuah resource yang hadir di Unity editor. Asset store terdiri dari koleksi lebih dari 4,400 asset packages, beserta 3D models, textures dan materials, sistem particle, musik dan efek suara, tutorial dan project, scripting package, editor extensions dan servis online.

Physics
Unity juga memiliki suport built-in untuk PhysX physics engine (sejak Unity 3.0) dari Nvidia (sebelumnya Ageia) dengan penambahan kemampuan untuk simulasi real-time cloth pada arbitrary dan skinned meshes, thick ray cast, dan collision layers.

Game-game yang dibuat menggunakan Unity


B. Unreal Development Kit


Unreal Engine bisa menjadi game engine yang paling mengerikan. Hal ini terbukti dari banyaknya developer game raksasa yang menggunakan mesin Unreal Engine untuk membangun game berkualitas tinggi, utamanya untuk level grafis yang hampir menyentuh realistik.

Unreal Engine memiliki beberapa versi yang terus berkembang. Diantaranya adalah Unreal Development Kit (UDK) yang dirilis pada 2010 lalu. Meski terbilang mesin yang lahir setengah dekade yang lalu, UDK tetap mampu menunjukan taring tajamnya. UDK adalah game engine gratis karena sebenarnya ini adalah Unreal Engine 3 (saat ini sudah dirilis versi 4) yang lisensinya sengaja digratiskan kepada publik.

demo

Alasannya adalah untuk pengembangan game berskala independent. Karena ini adalah versi gratis, jadi tidak disarankan untuk developer raksasa menggunakan UDK. Sebaiknya gunakan Unreal Engine 4 (berbayar). Meski gratis UDK tetap bisa menciptakan game-game berkualitas. Tetapi dengan batasan lisensi, yakni tidak bisa menjual copy game. Hanya bisa dibagikan secara gratis.


C. 3D RAD Pro


3D RAD adalah perangkat lunak freeware yang dikembangkan oleh Fernando Zanini dan didukung oleh vendor NVIDIA PhysX. 3D RAD digunakan untuk membuat game 3D, aplikasi 3D interaktif dan berbasis simulasi fisika yang berjalan pada sistem operasi Microsoft Windows XP/Vista/7/8.

Sebagai game engine, 3D Rad mempunyai editor yang berisi kumpulan komponen yang disebut objek. Objek tersebut bisa dimanipulasi dengan dikombinasikan dan dikonfigurasikan menggunakan berbagai macam cara. Dalam menciptakan suatu game sederhana pada 3D RAD, pembuat game tidak perlu memahami bahasa pemrograman secara mendalam karena 3D RAD menggunakan minimal scripting.

3D RAD tidak memberikan batasan atas kreatifitas pembuat game. Sesuai perkembangan desain yang mengharuskan berorientasi objek, maka 3D Rad mendukung scripting via AngelScript yang berbasis C++. yaitu script yang dibuat para user dan modulnya dapat diterapkan dan diinteraksikan dengan objek - objek dan script yang lainnya.

Dengan demikian, para pembuat game dapat berkreasi tanpa batas dengan script (secara profesional) maupun tanpa script (secara amatir). Penggunaan script akan semakin sering seiring dengan kompleksitas game yang akan dibuat.

Berikut ini adalah keseluruhan objek siap pakai yang ada pada 3D RAD beserta fungsinya ;


Airfoil
Digunakan untuk memberi gaya aerodinamis pada objek lain yang memiliki relasi dengan Airfoil. Objek Airfoil dapat diinteraksikan dengan RigidBody dan Wind.

AnimationControl
Berfungsi untuk mengontrol animasi pada model 3D dan objek Skinmesh. Animasi yang dapat dikontrol oleh objek ini adalah animation sequences yang terdapat pada model 3D berformat DirectX (.X).

Ball
Ball adalah objek bola siap pakai yang bersifat solid yang dapat mendeteksi tumbukan (collision) antar objek yang juga bersifat solid. Objek ball juga sudah memiliki beberapa property seperti massa (mass), radius dan pantulan (bounciness)

Buoy
Buoy berfungsi sebagai simulasi pelampung yang diterapkan pada berbagai objek yang memiliki massa sehingga objek tersebut dapat mengapung di permukaan air, maupun melayang di air.

Cam1StPerson
Berfungsi sebagai kamera yang berorientasi pada sudut pandang user sebagai pemain (orang pertama). Kamera ini sekaligus berfungsi sebagai karakter utama.

CamChase
Selain sebagai kamera biasa, CamChase memiliki property ‘Chase’ pada objek lain yang akan dijadikan target kamera. CamChase juga memiliki efek kamera seperti buram (blur) dan efek shaking.

Car
Car merupakan objek utama yang umum digunakan pada 3D rad. Car merupakan objek mobil yang sudah siap digunakan.

CarAI
CarAI (Car Artificial Intelegence) adalah fitur kecerdasan buatan yang dapat lagsung diinteraksikan dengan Car. CarAI membuat mobil bisa bergerak secara auto (sendiri) sesuai dengan property AI yang digunakan.

Character
Berfungsi sebagai kontrol dari sebuah karakter. Character dapat diinteraksikan dengan RigidBody yang bentuknya dapat bergerak bebas (seperti bola).

ConfigureControls
Jika objek ini ditambahkan dalam game, maka user dapat menentukan sendiri input yang akan digunakan dalam game. Contoh : Walaupun secara default game dimainkan dengan keyboard, tidak menutup kemungkinan user dapat menggunakan joystick sebagai input device.

Counter
Counter adalah objek yang digunakan sebagai pengganti fungsi increment/decrement suatu parameter. Counter biasa diterapkan untuk mengubah value parameter seperti score, lives, player health dan sebagainya.

EventOnContact
EventOnContact akan menjalankan perintah yang telah dibuat sebelumnya jika mendeteksi tumbukan/kontak fisik/ collision antar objek solid.

EventOnInput
EventOnInput akan menjalankan perintah yang telah dibuat sebelumnya jika mendeteksi adanya input dari user.

EventOnLocation
EventOnLocation akan menjalankan perintah yang telah dibuat sebelumnya jika objek yang memiliki relasi dengan EventOnLocation berada pada lokasi yang telah ditentukan.

EventOnObjectId
Walaupun memiliki bentuk yang sama, setiap objek memiliki Id tersendiri. User bisa memberi perintah yang berbeda pada ObjectId yang berbeda.

EventOnProximity
EventOnValue menjalankan perintah yang telah dibuat sebelumnya jika telah mencapai kondisi jarak antar objek.

EventOnValue
EventOnValue menjalankan perintah yang telah dibuat sebelumnya jika telah mencapai kondisi value tertentu.

EventTimer
EventTimer akan memulai/menghentikan property active dari sebuah objek setelah waktu yang ditentukan telah habis.

ExitFade
ExitFade adalah objek yang berfungsi untuk mengakhiri project yang aktif dan memulai project selanjutnya dengan efek fade.

Fog
Digunakan untuk menambahkan efek kabut(fog) pada game.

Force
Force digunakan untuk menambahkan gaya pada objek 3D yang berbentuk fisik seperti RigidBody.

ForceFeedback
ForceFeedback adalah objek yang berfungsi untuk mensimulasikan gaya sebab-akibat. Contohnya dalam kasus bola yang memantul.

G-Force
G-Force diterapkan untuk memberikan simulasi gaya gravitasi. Seluruh objek fisik yang memiliki relasi terhadap G-Force akan jatuh sesuai dengan arah gravitasi.

Group
Group digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup. Penggunaan group tidak akan berpengaruh pada relasi antar objek. Group hanya memudahkan user dalam mengatur letak dan posisi objek dalam jumlah banyak sekaligus.

GUIWindow
GUIWindow dapat memberikan tampilan GUI pada game untuk mengatur parameter-parameter yang diijinkan untuk diubah.

HighwayConstructionKit
Digunakan untuk mendesain konstruksi jalan raya di dalam game. Objek ini merupakan objek fisik statis yang dapat mendeteksi collision dengan objek Car.

Imposter
Imposter digunakan untuk melakukan kloning / penggandaan objek pada saat game di-run oleh user atau dalam kondisi tertentu. Penggandaan objek dapat dilakukan secara acak (random) ataupun dengan pola.

Joint
Joint adalah objek non fisik yang berfungsi untuk menggabungkan antara objek fisik yang satu dengan objek fisik yang lain.

Particles
Particles digunakan untuk menambah efek yang berbentuk partikel seperti ledakan, hujan, salju, asap, debu dan lain-lain.

Path
Path adalah objek 3D non fisik yang digunakan untuk membuat suatu jalur (path) yang dapat diikuti / ditelusuri oleh objek yang terkait.

PathFinder
PathFinder digunakan untuk membuat suatu objek dapat menemukan target yang ditentukan. Objek dapat mencari target melalui jalur tercepat walaupun diberikan halangan atau rintangan.

PCar
PCar adalah objek yang hampir sama dengan Car namun memiliki fitur dan parameter yang lebih lengkap.

PointLight
Berfungsi sebagai sumber cahaya pada game. Peletakkan PointLight akan berpengaruh pada bayangan (shadows) setiap objek yang memiliki parameter shadows.

Projectile
Projectile berfungsi untuk memberikan gaya seperti peluru pada objek. Objek dapat terlempar bahkan melesat sesuai dengan nilai kelajuan yang diberikan.

RaceTracker
RaceTracker adalah objek fisik yang digunakan untuk membuat lintasan balapan. RaceTracker sudah dilengkapi beberapa property yang direlasikan dengan CarAI supaya CarAI dapat mendeteksi lintasan balap.

RigidBody
RigidBody adalah objek fisik yang dibentuk dari model 3D berformat DirectX (.X). RigidBody dapat mendeteksi adanya collision antar objek fisik. RigidBody juga dapat memiliki massa dan dapat direlasikan dengan gravitasi (G-Force / Force).

Rock
Rock adalah objek siap pakai berupa bentuk batu-batuan.

Scanner
Scanner adalah objek non fisik yang digunakan untuk mendeteksi objek fisik yang berada dalam garis lurus scanner. Cara kerja scanner mirip seperti cara kerja sinar laser di dunia nyata.

Script
Script adalah objek yang memungkinkan user menuliskan kode (melakukan coding) dengan bahasa pemrograman C++ yang telah memiliki fungsi-fungsi 3DRad. Bahasa ini juga sering disebut AngelScript.

Skinmesh
Skinmesh adalah objek fisik yang tidak memiliki massa dan tidak dapat mendeteksi collision antar objek.Skinmesh biasanya digunakan untuk membuat “kulit” dari RigidBody.

SkyBox
Digunakan untuk memberikan objek langit (cakarawala) pada game.

SoundEffect
SoundEffect adalah objek yang digunakan untuk menambahkan efek suara.

SoundSource
SoundSource adalah objek yang diggunakan untuk menambahkan sumber suara pada suatu objek fisik. Suara yang dihasilkan akan sesuai dengan keberadaan objek. Jika objek ada di jarak yang jauh, volume sumber suaranya akan mengecil, begitu pula sebaliknya.

Spring
Spring adalah objek yang memiliki visualisasi bentuk shockbreaker (peredam kejut) dan memiliki sifat yang mirip pegas. Objek ini dapat diaplikasikan pada Car maupun PCar untuk menambah kesan realistis secara visual.

Sprite
Sprite adalah objek dengan 2 dimensi. Pada umumnya sprite diimplementasikan dalam bentuk menu, tombol, karakter dan background.

SunLight
SunLight adalah objek non fisik yang dapat memberikan pencahayaan pada objek fisik lain. Objek ini disimulasikan seperti cahaya matahari.

Switch
Switch adalah fungsi yang digunakan untuk melakukan pertukaran (switch) pada objek fisik yang di-handle olehnya.

Terrain
Terrain adalah objek fisik siap pakai yang digunakan untuk mensimulasikan kontur permukaan tanah (terrain).

TextPrint
TextPrint digunakan untuk menampilkan teks pada display game.

Trail
Secara fungsi, Trail hampir mirip dengan Particles. Bedanya, Trail akan meninggalkan jejak partikel sepanjang jalur yang dilewati.

Transform
Transform adalah objek non fisik yang berfungsi untuk memberikan transformasi pada suatu objek fisik.

Tree
Tree adalah objek fisik yang memiliki visualisasi bentuk pohon. Objek memiliki property collision detection yang dapat diatur.

ValueLabel
ValueLabel digunakan untuk mencetak suatu value (seperti score, money, health, dsb.) ke layar.

ValueLabelBar
ValueLabel digunakan untuk mencetak suatu value (seperti score, money, health, dsb.) ke layar namun dalam bentuk persegi panjang (bar).

Velocity
Velocity digunakan unruk memberi kelajuan pada suatu objek fisik. Fungsi objek ini hampir sama dengan Projectile.

WayPoint
WayPoint dapat dijadikan objek fisik maupun non fisik. Fungsinya adalah untuk menandai CheckPoint suatu tempat. Objek ini biasa dipakai pada game balapan (racing).

Wheel
Wheel adalah objek siap pakai yang berfungsi sebagai “kulit” dari roda pada Car / PCar.

Wind
Wind adalah objek non fisik yang siap pakai. Wind berfungsi untuk mensimulasikan gaya akibat angin. Objek yang dapat dipengaruhi oleh Wind adalah AirFoil dan RigidBody.

Tutorial


D. Blender


Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer. Blender memberikan spektrum pemodelan yang luas, texturing, pencahayaan, animasi dan video fungsionalitas, pengolahan pasca dalam satu paket. Blender adalah salah satu aplikasi grafis paling populer Open Source 3D di dunia.

Blender tercipta dari komunitas pecinta animasi dari berbagai latar belakang. Mereka beraliansi membuat sebuah software yang free (open source) dan bebas dikembangkan. Blender digagas oleh Ton Roosendaal (Belanda). Mulanya Ton Roosendaal mendirikan studio animasi (1988-2002) kemudian Blender menjadi software shareware animation di tahun yang sama Ton Roosendaal mendirikan Blender institute. Sejak periode 2002 sampai sekarang, Blender selalu update fitur, interface dan performanya, sehingga kemampuan Blender untuk digunakan produksi animasi tidak diragukan, terbukti dengan hasil open movie beberapa film keluaran sintel (Blender Institute).

Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, IRIX, Solaris, NetBSD, FreeBSD, OpenBSD.

Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja. Di Blender juga tersedia Game Engine, mesin untuk membuat game menggunakan logic bricks, Dan ada juga Cycles render.

Fitur-fitur pada aplikasi Blender
Header
Menu  utama Blender yang terdiri  atas File, Add, Render, dan Help.

Viewport
Tampilan yang terdiri dari objek 3D atas objek lainnya.

Toolbar
Terdiri atas daftar tools yang memiliki sifat dinamis menurut objeknya.

Outliner
Struktur data dari objek pada Blender.

Properties
Panel yang memuat berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek atau animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang aktif.

Timeline
Instruksi yang terkait dengan frame animasi atau untuk sequencer.

Game-game yang dibuat menggunakan Blender



Referensi:

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook