#PetGame Konsep Parkir Sepeda Futuristik

April 20, 2016

Pada postingan kali ini Saya akan membahas mengenai konsep daripada mesin parkir yang futuristik versi Saya.


Berbicara futuristik artinya kita berbicara tentang masa depan. Dari usia dini Saya sudah disuguhi oleh berbagai kartun imaginatif, contohnya saja kartun Doraemon. Seperti yang kita tahu bahwa Doraemon merupakan robot kucing yang datang dari masa depan. Di setiap episodenya Doraemon selalu mengeluarkan alat-alat yang aneh tetapi berguna yang adanya hanya di masa depan. Dengan kata lain bisa kita simpulkan bahwa teknologi di masa depan sangat maju dibanding dengan teknologi di masa kini. 

Sedikit mengambil ide dari kartun tersebut, Saya mencoba merancang sebuah mesin yang bernama BPX-1128.


BPX-1128 merupakan sebuah mesin parkir sepeda futuristik yang mana semua masyarakat dapat menggunakannya. Mengapa sepeda? Bukan kah di kartun Doraemon aktivitas manusia 100% bergantung pada mesin? Apakah di masa depan masih ada sepeda?


Ya.... Memang di kartun tersebut semua aktifitas manusia bergantung pada mesin. But..hey! We don't know exactly how future looks like..right? Pada dasarnya manusia akan butuh yang namanya olahraga. Salah satu olahraga yang menyenangkan yaitu bersepeda. Asalkan kita punya sepeda kita bisa bersepeda, mau itu sepeda milik sendiri atau sepeda hasil meminjam dari kerabat.

BPX-1128 merupakan mesin parkir yang dilengkapi konsep AI. Anda cukup memakirkan sepeda di tempat yang sudah disediakan. Di tempat parkir tersebut juga terdapat kamera yang akan mendeteksi wajah anda dari segi mana pun. Sehingga harus dipastikan bahwa wajah anda tidak tertutup oleh benda apa pun, contohnya seperti masker.


Saat Anda roda depan sepeda anda mulai memasuki area parkir akan ada lampu led berupa garis pada dasar area parkir. Posisikan sepeda sesuai dengan garis tersebut. Setelah posisi sepeda sudah pas sepeda akan berdiri kokoh tanpa harus menggunakan standar. Hal ini dikarenakan sepeda anda akan otomatis ke-lock saat posisi sepeda anda sudah sama dengan nyala lampu led tersebut. Untuk menghindari cuaca yang extreme area parkir ini pun dilengkapi semacam katub kaca yang akan otomatis muncul setelah anda sudah berada di luar area parkir anda tersebut. 


Setelah anda selesai dengan aktivitas anda untuk mengakses sepeda anda kembali anda cukup mengaksesnya dengan handprint yang ada di depan area parkir anda.


Handprint? Apa berarti kita harus daftar dulu menjadi memper BPX-1128 supaya kita bisa menggunakan area parkir sepeda tersebut? Tidak perlu. BPX-1128 ini dirancang bekerja sama dengan pemerintah menggunakan database masyarakat yang ada di negeri tersebut. Contohnya Indonesia. Bagi anda yang merupakan WNI dan sudah secara sah terdaftar dan tercatat sebagai WNI maka anda dapat menggunakan mesin parkir sepeda ini.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook