#PetGame Sejarah Game Konvensional Hingga Game Modern
Maret 09, 2016
Pada postingan Saya kali ini akan membahas sejarah game konvensional yang berpusat pada Board Game dan sejarah game modern. Semoga
bermanfaat :)
Konvensional
Sejarah
Board Game
Beberapa fakta terdahulu
ditemukan bahwa Board Game merupakan jenis permainan tertua yang pernah
ditemukan umat manusia. Board Game ditemukan di makam-makam dan kuburan atau di
lukisan-lukisan serta pahatan kuno masa lalu. Permainan ini merupakan
peninggalan budaya lalu (folktales) sederhana yang biasa terbuat dari tanah
kayu dan batu. (Flanagan: 63). Pada masa lalu Board Game sering dimainkan oleh
para penguasa seperti raja dan jajarannya. Papan permainannya biasa terbuat
dari material yang mewah dan memiliki nilai tinggi seperti gading, batu mulia
dan material berharga lainnya.
Perkembangan Board Game sangat
signifikan dalam semua aspek dan komponen permainan. Mulai dari cerita
permainan yang beragam, tema permainan, mekanika yang bervariasi hingga aspek
yang estetika yang menjadi unsur pembeda tiap board game.
Media
Board Game
Menurut Nelson Gustav Wisana
salah satu pendiri board game developer Kummara menyebutkan bahwa Secara
harfiah, board gameadalah segala jenis permainan yang menggunakan papan atau
alas untuk bermain.Sebenarnya Indonesia telah mengenal board game sejak lama
contohnya Ular-Tangga, Halma, Catur dan lainnya namun kata board game sendiri
masih asing di telinga rakyat Indonesia. Usia board game sendiri sudah sangat
tua, board game tertua yang pernah
diketahui bernama Sennet berasal dari peradaban Mesir kuno yang ditemukan dalam
gambaran lukisan batu makam Merknera yang diperkirakan berasal dari abad
3300-2700 SM.
Board game biasanya dimainkan
oleh lebih dari 1 orang di 1 meja yang sama. Berkumpulnya sekumpulan orang di
satu meja untuk bermain merupakan salah satu fenomena unik yang dapat diciptakan
oleh board game. Melalui situasi ini, sebuah board game memiliki keunikan tersendiri
dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap perkembangan mental para pemainnya.
Kategori
Boardgame
Berdasarkan jenisnya Boardgame
dibagi bagi kedalam beberapa kategori diantaranya:
1.
Strategi board game
Strategi Boardgame adalah game
yang mengandalkan keahlian personal dari pemain dalam memenangkan permainan.
Contohnya yaitu permainan catur. Biji permainan catur terdiri dari raja, ratu,
pion, benteng, kuda, dan menteri yang dimainkan dalam 64 kotak berwarna
kombinasi hitam-putih.
Sejarah permainan Catur ini
bermula pada abad ke-6, di India. Selama masa pemerintahan raja-raja Gupta,
permainan ini disebut caturaṅga. Dari India, catur menyebar ke Persia dan
disebut sebagai shatranj di Sassanid. Aturan permainan ini lantas dikembangkan
lebih lanjut, dan segera, Shatranj menjadi aktivitas rekreasi kerajaan favorit
di dunia muslim. Dari Persia, catur kemudian menyebar ke Arab. Catur
selanjutnya dikenal di seluruh Spanyol dengan nama ajedrez dan sebagai xadrez
di Portugal. Perlahan-lahan, caturanga menjadi zatrikion dalam bahasa Yunani, dan
akhirnya menyebar di Eropa.
caturaṅga
Pada masa-masa kemudian, papan
permainan catur didistribusikan dalam bentuk souvenir dan cinderamata di keluarga
kerajaan dan masyarakat umum. Penelitian sejarah menunjukkan bahwa catur
mencapai Eropa Barat dan Rusia pada abad ke-9. Orang Moor dikreditkan sebagai
yang mempopulerkan permainan ini di Semenanjung Iberia, di abad ke-10 dan
disebutkan dalam naskah abad ke-13 sebagai shatranj.
Pada tahun 1200, aturan
permainan catur mulai didefinisikan di Eropa selatan. Sedangkan aturan yang
menjadi dasar aturan modern pertama kali diadopsi di Spanyol dan Italia. Aturan
ini lantas menyebar ke seluruh dunia barat, kecuali aturan ‘stalemate’. Aturan
ini baru didefinisikan pada abad ke-19, dan kemudian mendapat julukan baru:
Western Chess.
Buku yang menulis teori awal
catur ditulis pada abad ke-15. Buku ‘Repetición de Amores y Arte de Ajedrez’
atau ‘Pengulangan Cinta dan Seni Bermain Catur’ diterbitkan pada tahun 1497,
dan ditulis oleh Luis Ramirez de Lucena. Sementara itu, di Eropa, banyak aturan
awal ditentukan oleh Lucena, Pedro Damiano, Giovanni Leonardo Di Bona, Giulio
Cesare Polerio, Gioachino Greco, dan Ruy López de Segura.
Pada abad ke-18, catur menjadi
sangat terkenal di Eropa Selatan dan Perancis. François-André Danican Philidor,
Louis-Charles de Mahé La Bourdonnais, dan Alexander McDonnell adalah di antara
beberapa grandmaster catur pertama. Turnamen catur modern pertama kali
dimenangkan oleh Adolf Anderssen, di London, pada tahun 1851. Beberapa pemain
catur ternama di era modern diantaranya adalah Paul Morphy, Wilhelm Steinitz,
Johannes Zukertort, Emanuel Lasker, José Raúl Capablanca, Gary Kasparov,
Anatoly Karpov, dan Viswanathan Anand.
2.
Germanstyle board game (euro games)
Permainan germanstyle
Boardgames lebih mengandalkan penggabungan strategi dan kesederhanaan
permainan, contohnya yaitu Puerto rico.
Berikut adalah cara bermain Puerto rico:
3. Race
Game
Tipe permainan ini
mengharuskan pemain menggerakan pion menuju titik akhir permainan, yang tercepat menjadi pemenang. Contohnya yaitu Ular Tangga.
Permainan mengandalkan dadu
dan papan atau kertas bermotif kotak-kotak dengan berbagai peraturan di
dalamnya ini berasal dari tanah Hindustan. Di Negara asalnya, permainan ini
dikenal dengan sebutan moksha patam
atau vaikunthapaali, atau dikenal
juga dengan nama paramada sopaanam.
Moksha
Patam
Ketiga bahasa India yang mengacu
pada permainan ini artinya adalah tangga menuju keselamatan. Menyebarnya
permainan tradisional milik India ini terjadi pada 1943. Saat itu, permainan
ini mulai menyebar di Amerika Serikat.
Ketika bermain, Anda
dihadapkan pada dua pilihan yang semuanya bergantung pada nasib dan
keberuntungan Anda, atau masyarakat India mengenalnya dengan sebutan Karma.
Bisa ular yang artinya harus turun atau tangga yang artinya naik.
Ini kemudian dikaitkan dengan
filsafat milik sistem kepercayaan Hindu. Ada sebuah kontras disini, antara
Karma dan Karma atau Takdir dan Keinginan. Ketika memainkan ular tangga,
keinginan untuk selalu menginjak kotak bertangga pasti paling besar, tetapi
ketika takdir atau kocokan dadu memaksa Anda untuk menginjak ular, Anda bisa
apa?
Tangga dan ular yang ada pada
permainan ini juga melambangkan sesuatu. Masih menurut filsafat Hindu, tangga
adalah gambaran dari kebijaksanaan. Tangga bermakna kerendahan dan kemurahan
hati serta iman. Sementara ular melambangkan nafsu, kemarahan dan hal-hal buruk
lainnya. Jumlah kotak yang totalnya 100 adalah gambaran sebuah keselamatan.
4. Roll
and move
Tipe permainan ini
mengandalkan perputaran dadu atau benda lain yang menghasilkan angka secara
acak untuk menentukan langkah yang harus diambil o leh pemain. Contohnya adalah
Monopoli.
Sebenarnya sejak awal tahun
1900 sudah ada permainan yang serupa. Yaitu The
Landlord’s Game yang diciptakan oleh Elizabeth Magie yang tujuannya untuk
mempermudah setiap orang mengerti bagaimana para tuan tanah dapat memperkaya
dirinya dan membuat miskin para penyewanya. Kemudian Magie memperkenalkan
permainan The Landlord’s Game ini pada tahun 1904. Permainan ini tidak
dipatenkan, selain itu tidak ada produsen selain The Economic Game Company yang
memproduksi hingga tahun 1910 di New York. Kemudian di Britania Raya permainan
ini diterbitkan pada tahun 1913 oleh The Newbie Game Company di London dengan
nama Brer Fox an’ Brer Rabbit.
The
Landlord’s Game
Permainan ini mulai tersebar
dari mulut ke mulut serta variasi dari bermain dari lokal yang mulai berkembang
yang diikuti dengan penjualan mainan tersebut. Dan salah satunya adalah Auction
Monopoly yang kemudian di singkat menjadi Monopoli. Secara perlahan permainan
ini mulai dipelajari oleh Charles Darrow yang akhirnya dipatenkan dan di jual
kepada Parker Brothers sebagai penemunya sendiri. Akhirnya, Parker Brothers
mulai memproduksi mainan Monopoli secara luas pada 5 November 1935.
5. Trivia
Game
Tipe permainan ini
mengandalkan pengetahuan umum dari pemain, permainan ditekankan pada pertanyaan
pertanyaan umum yang dilemparklan pada setiap pemai. Contohnya adalah : Trivial
Pursuit.
Trivial Pursuit ialah
permainan papan yang terdapat jawaban dari pertanyaan di bidang sejarah,
olahraga, budaya, dan katergori lain. Permainan ini dibuat oleh wartawan Kanada
Scott Abbott dan Chris Haney dan diluncurkan ke pasaran pada tahun 1982.
Permainan ini dapat dimainkan
dalam kelompok maupun satu lawan satu. Secara teoretis permainan ini tak
terbatas pada jumlah pemain. Versi awal permainan ini dikenal sebagai Genus
(atau Genus I). Beberapa edisi pengetahuan umum lainnya (seperti Genus II)
telah menyusul.
Di Amerika Utara, popularitas
permainan ini berpuncak pada tahun 1984, ketika permainan ini terjual lebih
dari 20 juta. Hak atas permainan ini dilisensikan ke Parker Brothers (sekarang
bagian dari Hasbro) pada tahun 1988, setelah ditolak oleh Virgin Group; pada
tahun 2008, Hasbro membeli penuh hak permainan ini sebanyak 80 juta dolar AS.
Dari tahun 2004, hampir 88 juta permainan ini terjual di 26 negara dan dalam 17
bahasa. Daerah Elroy di Pasifik Utara menciptakan 30.000.000 permainan antara
tahun 1983-1985.
Jawaban dalam permainan ini
dapat dimasukkan dalam 6 kategori: ilmu bumi, hiburan, sejarah, seni dan
sastra, IPA, olahraga dan rekreasi.
Untuk memulai, memisahkan
kartu warna menjadi warna-kode tertentu tumpukan. Setiap pemain harus memilih
token dan menempatkannya di tengah-tengah papan. Setiap pemain kemudian
gulungan mati untuk melihat siapa yang pergi duluan, jumlah tertinggi terjadi
pertama, kedua setelah itu, dan seterusnya.
Pemain pertama gulungan mati,
dan bergerak yang banyak ruang dalam arah pilihan mereka. Jika ia mendarat di
ruang ”Roll lagi” , pemain harus roll dadu lagi dan langkah yang jumlah ruang
tambahan.
Ketika ia mendarat pada ruang
kosong, ia harus menjawab pertanyaan pada kartu yang sama dengan warna ruang
itu. Setiap warna mewakili kategori yang berbeda, sehingga sejumlah pertanyaan
sangat bervariasi. Jika dia mendapat pertanyaan yang benar, ia terus
gilirannya, tetapi jika ia tidak menjawab pertanyaan dengan benar kemudian
memutar pindah ke pemain berikutnya.
Jika jawabannya adalah tidak
benar, maka seperti pada ruang normal yang giliran pemain berakhir dan bergerak
pemain berikutnya. Untuk memenangkan permainan, pemain harus terlebih dahulu
mengumpulkan semua enam dari potongan berwarna di sekitar papan, dan kemudian
harus gulung persis cukup untuk membuat ke tengah papan. Pada saat itu, pemain
harus menjawab pertanyaan permainan menang.
Para pemain lain memutuskan
kategori pertanyaan terakhir. Jika pemain mendapatkan pertanyaan yang salah,
gilirannya berakhir dan dia harus berusaha untuk mencapai hub lagi di masa
depan berubah.
6. Word
Game
Tipe permainan ini sangat erat
dengan permainan kata kata, penekananya adalah pengolahan kata yang dijadikan
permaianan. Contohnya adalah Scrabble.
Sejarah dari permainan Scrabble
ini pada mulanya diciptakan pada tahun 1938 dengan nama “Criss-Croswords” oleh
seorang arsitek bernama Alfred Mosher Butts. Permainan ini merupakan
penyempurnaan dari permaian Lexiko yang lebih dulu diciptakannya, tapi
dilengkapi papan permainan dan cara bermain seperti teka teki silang. Permainan
tetap menggunakan keping huruf seperti Lexiko yang dibuat berdasarkan hasil
perhitungan distribusi frekuensi penggunaan huruf berbagai tulisan bahasa
Inggris. Alferd Butts memproduksi sendiri permainan ini dan menawarkannya ke
berbagai perusahaan mainan besar tetapi tidak ada yang berminat.
Baru pada tahun 1948, seorang
pengacara, James Brunot membeli hak memproduksi permainan Criss-Crosswords.
Sebagai pemilik yang baru, Brunot mengganti nama permaian menjadi “Scrabble”,
sebuah kata dalam bahasa Inggris yang berarti “berjuang membanting tulang”.
Brunot hanya sedikit mengubah kotak-kotak “bonus” pada papan permainan, dan
menyederhanakan aturan permainan. Permainan Scrabble ternyata laku dijual.
Salah satu pembelinya adalah toko serba ada Macy’s yang berhasil mengangkat
Scrabble menjadi permainan yang diminati oleh konsumen.
7. War
Game
Tipe permainan ini mengangkat
tema situasi perang, pemain dibawa seolah olah sedang menjalankan operasi
militer, contohnya adalah Advanced Squad
Leader.
Advanced Squad Leader (ASL)
tergolong kategori wargame yang sangat fleksibel utamanya dalam aspek tantangan
serta skenario. Ya, di dalam ASL kamu bisa memainkan banyak modul yang
mengangkat palagan Perang Dunia II dalam format board game. Salah satu contoh
modul yang direkomendasikan bagi para pemain pemula adalah Beyond Valor yang
memiliki banyak skenario dari konflik antara tentara Jerman dan Rusia era
1939-1945.
Karena fleksibilitasnya ASL
dapat mengangkat kisah perang yang manapun dalam era tersebut, dari skenario
berbasis pasukan berisikan 10 orang hingga kelas batalion. Dari pasukan
bersenjatakan senapan otomatis, bazooka, tank, paratrooper, serangan pantai dan
lainnya. Dituliskan di laman ASL di BoardGameGeek meski hanya bisa dimainkan 2
pemain, setiap skenario menawarkan waktu bermain yang sangat bervariasi
tergantung kompleksitas. Setidaknya berkisar antara 120 hingga 18.000 menit.
Beberapa skenario sangat menggambarkan heroisme sehingga permainan ini masuk ke
dalam daftar board game bertema kepahlawanan yang saya sarankan untuk dicoba.
Modern
Game PC yang dapat dikategorikan sebagai game
modern ini juga sama dengan game konvensional memiliki beberapa manfaat asalkan
menggunakannya dengan baik dan bijaksana. Tentunya seorang anak-anak belum
bisa melakukan hal ini sehingga game PC pun sebaiknya
harus ada pemandu supaya
bisa memberikan manfaat yang
banyak bagi anak-anak. Pemandu di sini
bukan harus selalu pemandu layaknya game
konvensional, tapi orang tua cukup untuk
menjadi pemandu sang anak.
Orang tua harus mengerti dan
memahami mengenai dampak-dampak yang di timbulkan game, baik dampak positif
maupun dampak negatifnya. Hal ini supaya bisa mengontrol anak untuk tidak
terlalu berlebihan dalam bermain game yang akhirnya banyak menimbulkan dampak
yang buruk bagi anak-anak itu sendiri. Dan sangat tidak baik anak-anak di epas
begitu saja tanpa pengarahan dan bimbingan dalam bermain game apalagi anak-anak
yang masih belum dewasa dan
masih dalam masa perkembangan diri.
Sejarah
Game Modern
Sejarah video game atau game
PC dimulai pada era 1950an. Dan mulai dikembangkan di era 1960an pada komputer mainframe.
Secara bertahap perkembangan video game
pun mulai berkembang semakin canggih dan dikembangkan juga dibeberapa platform
seperti: arcade, mainframe, konsol, pribadi computer dan kemudian di HP. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah sejarah
perkembangan video game baik yang konsol maupun PC.
Asal usul permainan
video/video game (game PC) terletak pada awal tabung sinar katoda berbasis
pertahanan peluru kendali sistem
pada akhir 1940-an. Program-program ini kemudian diadaptasi ke dalam permainan
sederhana lainnya di era tahun 1950-an. Pada akhir 1950-an dan melalui tahun
1960-an, lebih banyak permainan komputer yang dikembangkan (kebanyakan di computer mainframe), secara
bertahap tingkat kecanggihan dan kompleksitasnya pu
turut bertambah. Setelah periode
ini, video game menyimpang ke berbagai platform: arcade, mainframe, konsol,
pribadi komputer dan kemudian permainan genggam.
Perusahaan komersial pertama
konsol permainan video adalah Computer Space pada 1971, yang meletakkan dasar
bagi industri hiburan baru di akhir 1970-an di Amerika Serikat, Jepang, dan
Eropa. Tetapi perusahaan ini tidak bertahan lama disebabkan oleh
banjir dari video game yang
datang ke pasar mengakibatkan keruntuhan total industri
game konsol di seluruh dunia, akhirnya menggeser dominasi
pasar dari Amerika Utara ke Jepang. Tapi inihanya mempengaruhi pasar game konsol,
pasar game komputer sebagian besar tidak terpengaruh.
Generasi selanjutnya dari
konsol video game akan terus didominasi oleh perusahaan-perusahaan Jepang.
Walaupun beberapa upaya akan
dilakukan oleh Amerika Utara dan
perusahaan-perusahaan Eropa,
generasi keempat konsol, usaha mereka pada akhirnya akan gagal. Tidak sampai generasi keenam konsol permainan video akan non-perusahaan
Jepang merilis sebuah sistem konsol sukses secara komersial. Pasar telah
mengikuti jalan yang sama dengan beberapa kali gagal dilakukan oleh
perusahaan-perusahaan Amerika yang semuanya gagal di luar beberapa
keberhasilan terbatas dalam permainan elektronik genggam sejak dini.
Saat ini hanya perusahaan-perusahaan
Jepang memiliki sukses besar konsol game handheld, walaupun dalam beberapa
tahun terakhir permainan genggam telah datang ke perangkat seperti ponseldan
PDA .
A.
Generasi Pertama
Generasi pertama konsol
permainan video berlangsung dari tahun 1972, dengan rilis dari Magnavox
Odyssey, hingga 1977, ketika “pong”. Style produsen konsol meninggalkan pasar secara massal karena pengenalan dan keberhasilan
mikroprosesor berbasis konsol.
Magnavox Odyssey 200
Style Game Pong
B.
Generasi Kedua
Dalam sejarah
komputer dan video
game, generasi kedua
(biasa disebut sebagai awal era 8
bit atau kurang lebih 4 bit era) dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild
Channel F dan
Radofin 1292 Advanced
Programmable Video sistem. Hal yang menarik dari Fairchild Channel F ini adalah dalam perilisan video gamenya, dimana game-game tersebut diberi nomor. seperti pada game pertamanya yang berjudul "Videocart-01: Tic Tac Toe, Shooting Gallery, Doodle, Quadradoodle". Di
era generasi kedua
ini yang menjadi
primadona konsol game
adalah konsol game ATARI.
Beberapa contoh konsol
game pada generasi
kedua adalah
Fairchild Channel F, Atari
2600, Magnavox Odyssey ver. 2 dan
Atari 5200. Pada tahun 1988 Atari 2600 mengeluarkan game pertamanya yaitu "32 in 1". Tidak banyak informasi yang saya ketahui tentang Magnavox Odyssey ver. 2. Untuk total dari gamenya sendiri ada sekitar 69 game. Untuk mengetahui lebih banyak tentang apa saja game yang dirilis bisa klik disini. Untuk game pertama yang dirilis untuk Atari 5200 adalah Centipede.
C.
Generasi Ketiga
Generasi ketiga dimulai pada
tahun 1983 dengan dipasarkannya Jepang Family
Computer atau lebih dikenal dengan nama FAMICOM (kemudian dikenal
sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh dunia). Walaupun konsol
generasi sebelumnya juga menggunakan 8-bit processor, pada akhir generasi
inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh mereka “bit”. Ini juga
masuk ke mode sebagai sistem 16-bit seperti Mega Drive / Genesis dipasarkan untuk membedakan
antara generasi konsol. Game pertamanya yaitu Donkey Kong yang dirilis pada 15 Juli 1983.
Di Amerika Serikat, generasi
ini di game ini terutama didominasi oleh NES / Famicom. Di era ini pulalah
terjadi perang konsol game yang pertama antara perusahaan konsol Nintendo
dengan SEGA. Game yang cukup populer pada konsol ini tidak lain tidak bukan adalah Sonic.
D. Generasi
Keempat
Generasi keempat atau biasa
disebut dengan era 16-bit, pada generasi ini NES mendapat sambutan hangat di
seluruh dunia, dan sebuah perusahaan bernama Sega mencoba menyaingi Nintendo.
Pada tahun 1988, Sega merilis konsol next-generation mereka, Sega Mega Drive
(yang juga dikenal dengan Sega Genesis). Konsol ini menyajikan gambar yang
lebih tajam dan animasi yang lebih halus dibanding NES. Konsol ini cukup
berhasil memberi tekanan, tetapi NES
tetap bertahan dengan angka penjualan tinggi. Dua tahun berselang, pada 1990,
Nintendo kembali menggebrak dengan konsol next-gen mereka, SNES (Super Nintendo
Entertainment System). Selama 4 tahun, Nintendo dan Sega menjadi bebuyutan, meskipun
ada beberapa produsen seperti SNK dengan NeoGeo-nya, NEC dengan TurboGrafx-16
dan Phillips CD-i, tapi kedua konsol mereka begitu handal dan populer.
1. Tahun 1989
Nintendo merilis game-handheld,
Game Boy. Harga: $109. Game yang cukup terkenal adalah Tetris. NEC merilis video game sistem Turbografx-16, PC Engine
versi Amerika Utara. Harga: $189. Sega merilis video game system Sega Genesis.
Harga: $249.
Game Boy
Atari merilis game-handheld
berwarna pertama Atari Lynx. Harga: $149. NEC merilis versi yang ditingkatkan dari console PC Engine
mereka di Jepang, SuperGrafx. Hanya 5 judul game yang memanfaatkan video game
ini dan tidak pernah dijual secara komersial di luar Jepang. Game pertama Atari Lynx dirilis pada tahun 1989 berjudul Blue Lighting.
2. Tahun 1990
Trip Hawkins keluar dari Electronic Arts dan mendirikan
3DO. NEC merilis Turbografx CD ekspansi untuk Turbografx-16, mengupgrade sistem
tersebut dengan CD-ROM. Harga: $399. Beberapa game yang dirilis untuk Turbografx CD ini antara lain No-Ri-Ko (1988), Far East of Eden: Ziria (1989) dan Ys I & II (1989). SNK merilis Neo-Geo (AES), untuk pertama
kalinya sistem yang benar-benar membawa arcade ke rumah. Harga: $699. SquareSoft
merilis Final Fantasy pertama yang nantinya menjadi role-playing game terbaik
di sistem console. Sega merilis game-handheld Game Gear. pada tahun 1990 Sega merilis game Column. Microprose terbentuk. NEC merilis
versi hanheld dari
Turbografx-16 console mereka,
TurboExpress.
3. Tahun 1991
Commodore merilis video game
rumahan berbasis CD, CDTV. Harga: $999. Fujitsu merilis FM Towns Marty, console 32-bit
pertama di dunia. Nintendo merilis Super Nintendo. Harga: $199. Joe Santulli
dan Kevin Oleniacz mendirikan Digital Press,
publikasi independent kolektor video
game berbagai sistem. Dua penerbit PC entertaintment utama, Cinemaware dan
Epyx, tutup.
4. Tahun 1992
Philips merilis video game rumahan
berbasis CD, CD-i. Sega merilis ekspansi Sega CD untuk Sega Genesis.
E.
Generasi Kelima
Generasi kelima atau disebut
juga dengan era konsol 32 bit. dimana konsol game yang paling populer pada
generasi ini adalah Sony Playstation. PS1 ini dirilis pada 3 Desember 1994 di Jepang. Game pertama yang dirilis di tanggal yang sama yaitu Crime Crackers.
F. Generasi
Keenam
Generasi keenam ini ditandai
dengan munculnya konsol-konsol game next-generation dari masing-masing perusahaan seperti SONY, SEGA,
Nintendo serta munculnya satu lagi konsol game baru yang diluncurkan oleh
Microsoft yang diberi nama Xbox. Pada 15 November 2001 Xbox diluncurkan dengan game pertamanya yaitu Dead of Alive 3. SONY meluncurkan Playstation 2 pada tahun 2014, dengan game pertamanya AFL Live Premiership Edition. Perang konsol game ini akhirnya mengakibatkan
jatuhnya perusahaan konsol SEGA yang tidak dapat lagi meneruskan konsol
next-generation (Dreamcast) mereka dan lebih memilih untuk berkonsentrasi
dibidang pembuatan game konsol. Game pertama untuk Sega Dreamcast ini adalah AeroWings.
G.
Generasi Ketujuh
Dikarenakan semakin canggihnya
teknologi di bidang teknologi maka kemudian 3 perusahaan konsol terbesar (Sony,
Nintendo, dan Microsoft) mengeluarkan
kembali konsol next-generation mereka keluaran terbaru. Sony
mengeluarkan konsol next-gen yang diberi nama PS3(Playstation 3), lalu Nintendo
dengan Nintendo Wii kemudian Microsoft dengan
Xbox 360. Pada generasi ini semakin
dikembangkan sistem permainan online atau permainan yang melibatkan banyak
pemain yang terhubung dengan konsol mereka dan semakin ditinggalkannya
permainan single player. Wii diluncurkan yang paling pertama yaitu di Amerika pada 19 November 2006. Di saat yang sama pula Wii telah merilis lebih dari satu game, salah satunya yaitu SpongeBob SquarePants: Creature from The Krusty Krab.
Berikut adalah sepuluh game konsol terbaik menurut WatchMojo.com.
Referensi:
0 komentar