#PetGame Sejarah Game Konvensional Hingga Game Modern

Maret 09, 2016


Pada postingan Saya kali ini akan membahas sejarah game konvensional yang berpusat pada Board Game dan sejarah game modern. Semoga bermanfaat :)

Konvensional
Sejarah Board Game
Beberapa fakta terdahulu ditemukan bahwa Board Game merupakan jenis permainan tertua yang pernah ditemukan umat manusia. Board Game ditemukan di makam-makam dan kuburan atau di lukisan-lukisan serta pahatan kuno masa lalu. Permainan ini merupakan peninggalan budaya lalu (folktales) sederhana yang biasa terbuat dari tanah kayu dan batu. (Flanagan: 63). Pada masa lalu Board Game sering dimainkan oleh para penguasa seperti raja dan jajarannya. Papan permainannya biasa terbuat dari material yang mewah dan memiliki nilai tinggi seperti gading, batu mulia dan material berharga lainnya.
Perkembangan Board Game sangat signifikan dalam semua aspek dan komponen permainan. Mulai dari cerita permainan yang beragam, tema permainan, mekanika yang bervariasi hingga aspek yang estetika yang menjadi unsur pembeda tiap board game.

Media Board Game
Menurut Nelson Gustav Wisana salah satu pendiri board game developer Kummara menyebutkan bahwa Secara harfiah, board gameadalah segala jenis permainan yang menggunakan papan atau alas untuk bermain.Sebenarnya Indonesia telah mengenal board game sejak lama contohnya Ular-Tangga, Halma, Catur dan lainnya namun kata board game sendiri masih asing di telinga rakyat Indonesia. Usia board game sendiri sudah sangat tua, board game tertua  yang pernah diketahui bernama Sennet berasal dari peradaban Mesir kuno yang ditemukan dalam gambaran lukisan batu makam Merknera yang diperkirakan berasal dari abad 3300-2700 SM.


Board game biasanya dimainkan oleh lebih dari 1 orang di 1 meja yang sama. Berkumpulnya sekumpulan orang di satu meja untuk bermain merupakan salah satu fenomena unik yang dapat diciptakan oleh board game. Melalui situasi ini, sebuah board game memiliki keunikan tersendiri dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap perkembangan mental para pemainnya.

Kategori Boardgame
Berdasarkan jenisnya Boardgame dibagi bagi kedalam beberapa kategori diantaranya:

1. Strategi board game
Strategi Boardgame adalah game yang mengandalkan keahlian personal dari pemain dalam memenangkan permainan. Contohnya yaitu permainan catur. Biji permainan catur terdiri dari raja, ratu, pion, benteng, kuda, dan menteri yang dimainkan dalam 64 kotak berwarna kombinasi hitam-putih.
Sejarah permainan Catur ini bermula pada abad ke-6, di India. Selama masa pemerintahan raja-raja Gupta, permainan ini disebut caturaṅga. Dari India, catur menyebar ke Persia dan disebut sebagai shatranj di Sassanid. Aturan permainan ini lantas dikembangkan lebih lanjut, dan segera, Shatranj menjadi aktivitas rekreasi kerajaan favorit di dunia muslim. Dari Persia, catur kemudian menyebar ke Arab. Catur selanjutnya dikenal di seluruh Spanyol dengan nama ajedrez dan sebagai xadrez di Portugal. Perlahan-lahan, caturanga menjadi zatrikion dalam bahasa Yunani, dan akhirnya menyebar di Eropa.

caturaṅga

Pada masa-masa kemudian, papan permainan catur didistribusikan dalam bentuk souvenir dan cinderamata di keluarga kerajaan dan masyarakat umum. Penelitian sejarah menunjukkan bahwa catur mencapai Eropa Barat dan Rusia pada abad ke-9. Orang Moor dikreditkan sebagai yang mempopulerkan permainan ini di Semenanjung Iberia, di abad ke-10 dan disebutkan dalam naskah abad ke-13 sebagai shatranj.
Pada tahun 1200, aturan permainan catur mulai didefinisikan di Eropa selatan. Sedangkan aturan yang menjadi dasar aturan modern pertama kali diadopsi di Spanyol dan Italia. Aturan ini lantas menyebar ke seluruh dunia barat, kecuali aturan ‘stalemate’. Aturan ini baru didefinisikan pada abad ke-19, dan kemudian mendapat julukan baru: Western Chess.
Buku yang menulis teori awal catur ditulis pada abad ke-15. Buku ‘Repetición de Amores y Arte de Ajedrez’ atau ‘Pengulangan Cinta dan Seni Bermain Catur’ diterbitkan pada tahun 1497, dan ditulis oleh Luis Ramirez de Lucena. Sementara itu, di Eropa, banyak aturan awal ditentukan oleh Lucena, Pedro Damiano, Giovanni Leonardo Di Bona, Giulio Cesare Polerio, Gioachino Greco, dan Ruy López de Segura.
Pada abad ke-18, catur menjadi sangat terkenal di Eropa Selatan dan Perancis. François-André Danican Philidor, Louis-Charles de Mahé La Bourdonnais, dan Alexander McDonnell adalah di antara beberapa grandmaster catur pertama. Turnamen catur modern pertama kali dimenangkan oleh Adolf Anderssen, di London, pada tahun 1851. Beberapa pemain catur ternama di era modern diantaranya adalah Paul Morphy, Wilhelm Steinitz, Johannes Zukertort, Emanuel Lasker, José Raúl Capablanca, Gary Kasparov, Anatoly Karpov, dan Viswanathan Anand.


2. Germanstyle board game (euro games)
Permainan germanstyle Boardgames lebih mengandalkan penggabungan strategi dan kesederhanaan permainan, contohnya yaitu Puerto rico.


Berikut adalah cara bermain Puerto rico:


3. Race Game
Tipe permainan ini mengharuskan pemain menggerakan pion menuju titik akhir permainan, yang  tercepat menjadi pemenang. Contohnya yaitu Ular Tangga.


Permainan mengandalkan dadu dan papan atau kertas bermotif kotak-kotak dengan berbagai peraturan di dalamnya ini berasal dari tanah Hindustan. Di Negara asalnya, permainan ini dikenal dengan sebutan moksha patam atau vaikunthapaali, atau dikenal juga dengan nama paramada sopaanam.

Moksha Patam

Ketiga bahasa India yang mengacu pada permainan ini artinya adalah tangga menuju keselamatan. Menyebarnya permainan tradisional milik India ini terjadi pada 1943. Saat itu, permainan ini mulai menyebar di Amerika Serikat.
Ketika bermain, Anda dihadapkan pada dua pilihan yang semuanya bergantung pada nasib dan keberuntungan Anda, atau masyarakat India mengenalnya dengan sebutan Karma. Bisa ular yang artinya harus turun atau tangga yang artinya naik.
Ini kemudian dikaitkan dengan filsafat milik sistem kepercayaan Hindu. Ada sebuah kontras disini, antara Karma dan Karma atau Takdir dan Keinginan. Ketika memainkan ular tangga, keinginan untuk selalu menginjak kotak bertangga pasti paling besar, tetapi ketika takdir atau kocokan dadu memaksa Anda untuk menginjak ular, Anda bisa apa?
Tangga dan ular yang ada pada permainan ini juga melambangkan sesuatu. Masih menurut filsafat Hindu, tangga adalah gambaran dari kebijaksanaan. Tangga bermakna kerendahan dan kemurahan hati serta iman. Sementara ular melambangkan nafsu, kemarahan dan hal-hal buruk lainnya. Jumlah kotak yang totalnya 100 adalah gambaran sebuah keselamatan.

4. Roll and move
Tipe permainan ini mengandalkan perputaran dadu atau benda lain yang menghasilkan angka secara acak untuk menentukan langkah yang harus diambil o leh pemain. Contohnya adalah Monopoli.


Sebenarnya sejak awal tahun 1900 sudah ada permainan yang serupa. Yaitu The Landlord’s Game yang diciptakan oleh Elizabeth Magie yang tujuannya untuk mempermudah setiap orang mengerti bagaimana para tuan tanah dapat memperkaya dirinya dan membuat miskin para penyewanya. Kemudian Magie memperkenalkan permainan The Landlord’s Game ini pada tahun 1904. Permainan ini tidak dipatenkan, selain itu tidak ada produsen selain The Economic Game Company yang memproduksi hingga tahun 1910 di New York. Kemudian di Britania Raya permainan ini diterbitkan pada tahun 1913 oleh The Newbie Game Company di London dengan nama Brer Fox an’ Brer Rabbit.

The Landlord’s Game

Permainan ini mulai tersebar dari mulut ke mulut serta variasi dari bermain dari lokal yang mulai berkembang yang diikuti dengan penjualan mainan tersebut. Dan salah satunya adalah Auction Monopoly yang kemudian di singkat menjadi Monopoli. Secara perlahan permainan ini mulai dipelajari oleh Charles Darrow yang akhirnya dipatenkan dan di jual kepada Parker Brothers sebagai penemunya sendiri. Akhirnya, Parker Brothers mulai memproduksi mainan Monopoli secara luas pada 5 November 1935.

5. Trivia Game
Tipe permainan ini mengandalkan pengetahuan umum dari pemain, permainan ditekankan pada pertanyaan pertanyaan umum yang dilemparklan pada setiap pemai. Contohnya adalah : Trivial Pursuit.


Trivial Pursuit ialah permainan papan yang terdapat jawaban dari pertanyaan di bidang sejarah, olahraga, budaya, dan katergori lain. Permainan ini dibuat oleh wartawan Kanada Scott Abbott dan Chris Haney dan diluncurkan ke pasaran pada tahun 1982.
Permainan ini dapat dimainkan dalam kelompok maupun satu lawan satu. Secara teoretis permainan ini tak terbatas pada jumlah pemain. Versi awal permainan ini dikenal sebagai Genus (atau Genus I). Beberapa edisi pengetahuan umum lainnya (seperti Genus II) telah menyusul.
Di Amerika Utara, popularitas permainan ini berpuncak pada tahun 1984, ketika permainan ini terjual lebih dari 20 juta. Hak atas permainan ini dilisensikan ke Parker Brothers (sekarang bagian dari Hasbro) pada tahun 1988, setelah ditolak oleh Virgin Group; pada tahun 2008, Hasbro membeli penuh hak permainan ini sebanyak 80 juta dolar AS. Dari tahun 2004, hampir 88 juta permainan ini terjual di 26 negara dan dalam 17 bahasa. Daerah Elroy di Pasifik Utara menciptakan 30.000.000 permainan antara tahun 1983-1985.
Jawaban dalam permainan ini dapat dimasukkan dalam 6 kategori: ilmu bumi, hiburan, sejarah, seni dan sastra, IPA, olahraga dan rekreasi.


Untuk memulai, memisahkan kartu warna menjadi warna-kode tertentu tumpukan. Setiap pemain harus memilih token dan menempatkannya di tengah-tengah papan. Setiap pemain kemudian gulungan mati untuk melihat siapa yang pergi duluan, jumlah tertinggi terjadi pertama, kedua setelah itu, dan seterusnya.
Pemain pertama gulungan mati, dan bergerak yang banyak ruang dalam arah pilihan mereka. Jika ia mendarat di ruang ”Roll lagi” , pemain harus roll dadu lagi dan langkah yang jumlah ruang tambahan.
Ketika ia mendarat pada ruang kosong, ia harus menjawab pertanyaan pada kartu yang sama dengan warna ruang itu. Setiap warna mewakili kategori yang berbeda, sehingga sejumlah pertanyaan sangat bervariasi. Jika dia mendapat pertanyaan yang benar, ia terus gilirannya, tetapi jika ia tidak menjawab pertanyaan dengan benar kemudian memutar pindah ke pemain berikutnya.
Jika jawabannya adalah tidak benar, maka seperti pada ruang normal yang giliran pemain berakhir dan bergerak pemain berikutnya. Untuk memenangkan permainan, pemain harus terlebih dahulu mengumpulkan semua enam dari potongan berwarna di sekitar papan, dan kemudian harus gulung persis cukup untuk membuat ke tengah papan. Pada saat itu, pemain harus menjawab pertanyaan permainan menang.
Para pemain lain memutuskan kategori pertanyaan terakhir. Jika pemain mendapatkan pertanyaan yang salah, gilirannya berakhir dan dia harus berusaha untuk mencapai hub lagi di masa depan berubah.

6. Word Game
Tipe permainan ini sangat erat dengan permainan kata kata, penekananya adalah pengolahan kata yang dijadikan permaianan. Contohnya adalah Scrabble.


Sejarah dari permainan Scrabble ini pada mulanya diciptakan pada tahun 1938 dengan nama “Criss-Croswords” oleh seorang arsitek bernama Alfred Mosher Butts. Permainan ini merupakan penyempurnaan dari permaian Lexiko yang lebih dulu diciptakannya, tapi dilengkapi papan permainan dan cara bermain seperti teka teki silang. Permainan tetap menggunakan keping huruf seperti Lexiko yang dibuat berdasarkan hasil perhitungan distribusi frekuensi penggunaan huruf berbagai tulisan bahasa Inggris. Alferd Butts memproduksi sendiri permainan ini dan menawarkannya ke berbagai perusahaan mainan besar tetapi tidak ada yang berminat.
Baru pada tahun 1948, seorang pengacara, James Brunot membeli hak memproduksi permainan Criss-Crosswords. Sebagai pemilik yang baru, Brunot mengganti nama permaian menjadi “Scrabble”, sebuah kata dalam bahasa Inggris yang berarti “berjuang membanting tulang”. Brunot hanya sedikit mengubah kotak-kotak “bonus” pada papan permainan, dan menyederhanakan aturan permainan. Permainan Scrabble ternyata laku dijual. Salah satu pembelinya adalah toko serba ada Macy’s yang berhasil mengangkat Scrabble menjadi permainan yang diminati oleh konsumen. 


7. War Game
Tipe permainan ini mengangkat tema situasi perang, pemain dibawa seolah olah sedang menjalankan operasi militer,  contohnya adalah Advanced Squad Leader.


Advanced Squad Leader (ASL) tergolong kategori wargame yang sangat fleksibel utamanya dalam aspek tantangan serta skenario. Ya, di dalam ASL kamu bisa memainkan banyak modul yang mengangkat palagan Perang Dunia II dalam format board game. Salah satu contoh modul yang direkomendasikan bagi para pemain pemula adalah Beyond Valor yang memiliki banyak skenario dari konflik antara tentara Jerman dan Rusia era 1939-1945.
Karena fleksibilitasnya ASL dapat mengangkat kisah perang yang manapun dalam era tersebut, dari skenario berbasis pasukan berisikan 10 orang hingga kelas batalion. Dari pasukan bersenjatakan senapan otomatis, bazooka, tank, paratrooper, serangan pantai dan lainnya. Dituliskan di laman ASL di BoardGameGeek meski hanya bisa dimainkan 2 pemain, setiap skenario menawarkan waktu bermain yang sangat bervariasi tergantung kompleksitas. Setidaknya berkisar antara 120 hingga 18.000 menit. Beberapa skenario sangat menggambarkan heroisme sehingga permainan ini masuk ke dalam daftar board game bertema kepahlawanan yang saya sarankan untuk dicoba.


Modern
Game  PC yang dapat dikategorikan sebagai game modern ini juga sama dengan game konvensional memiliki beberapa manfaat asalkan menggunakannya dengan baik dan bijaksana. Tentunya seorang anak-anak belum bisa  melakukan hal  ini sehingga game PC  pun  sebaiknya  harus ada  pemandu  supaya  bisa  memberikan manfaat yang banyak bagi  anak-anak. Pemandu di sini bukan harus selalu  pemandu layaknya game konvensional, tapi orang tua cukup untuk  menjadi  pemandu sang anak.
Orang tua harus mengerti dan memahami mengenai dampak-dampak yang di timbulkan game, baik dampak positif maupun dampak negatifnya. Hal ini supaya bisa mengontrol anak untuk tidak terlalu berlebihan dalam bermain game yang akhirnya banyak menimbulkan dampak yang buruk bagi anak-anak itu sendiri. Dan sangat tidak baik anak-anak di epas begitu saja tanpa pengarahan dan bimbingan dalam bermain game apalagi  anak-anak  yang  masih belum dewasa  dan  masih dalam masa perkembangan diri.

Sejarah Game Modern
Sejarah video game atau game PC dimulai pada era 1950an. Dan mulai dikembangkan di era 1960an pada komputer mainframe. Secara bertahap perkembangan   video game pun mulai berkembang semakin canggih dan dikembangkan juga dibeberapa platform seperti: arcade, mainframe, konsol, pribadi computer dan kemudian di HP. Untuk  lebih jelasnya berikut ini adalah sejarah perkembangan video game baik yang konsol maupun PC.
Asal usul permainan video/video game (game PC) terletak pada awal tabung sinar katoda  berbasis  pertahanan  peluru kendali sistem pada akhir 1940-an. Program-program ini kemudian diadaptasi ke dalam permainan sederhana lainnya di era tahun 1950-an. Pada akhir 1950-an dan melalui tahun 1960-an, lebih banyak permainan komputer yang dikembangkan  (kebanyakan di computer mainframe), secara bertahap tingkat kecanggihan dan kompleksitasnya  pu  turut  bertambah. Setelah periode ini, video game menyimpang ke berbagai platform: arcade, mainframe, konsol, pribadi komputer dan kemudian permainan genggam.
Perusahaan komersial pertama konsol permainan video adalah Computer Space pada 1971, yang meletakkan dasar bagi industri hiburan baru di akhir 1970-an di Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa. Tetapi perusahaan ini tidak bertahan lama disebabkan  oleh  banjir dari  video game yang datang  ke  pasar mengakibatkan keruntuhan total industri game konsol  di  seluruh dunia, akhirnya menggeser dominasi pasar dari Amerika Utara ke Jepang. Tapi inihanya mempengaruhi pasar game konsol, pasar game komputer sebagian besar tidak terpengaruh.
Generasi selanjutnya dari konsol video game akan terus didominasi oleh perusahaan-perusahaan Jepang. Walaupun beberapa  upaya  akan  dilakukan oleh Amerika Utara dan  perusahaan-perusahaan  Eropa, generasi keempat konsol, usaha mereka pada akhirnya akan  gagal. Tidak sampai generasi keenam  konsol permainan video akan non-perusahaan Jepang merilis sebuah sistem konsol sukses secara komersial. Pasar telah mengikuti jalan yang sama dengan beberapa kali gagal dilakukan  oleh  perusahaan-perusahaan Amerika yang semuanya gagal di luar beberapa keberhasilan terbatas dalam permainan elektronik genggam sejak dini.
Saat ini hanya perusahaan-perusahaan Jepang memiliki sukses besar konsol game handheld, walaupun dalam beberapa tahun terakhir permainan genggam telah datang ke perangkat seperti ponseldan PDA .

A. Generasi Pertama
Generasi pertama konsol permainan video berlangsung dari tahun 1972, dengan rilis dari Magnavox Odyssey, hingga 1977, ketika “pong”. Style produsen konsol meninggalkan  pasar secara massal karena pengenalan dan keberhasilan mikroprosesor berbasis konsol.

Magnavox Odyssey 200

Style Game Pong

B. Generasi Kedua
Dalam  sejarah  komputer  dan  video  game,  generasi  kedua  (biasa  disebut sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era) dimulai pada tahun 1976 dengan merilis  Fairchild  Channel  F  dan  Radofin  1292  Advanced  Programmable  Video sistem.  Hal yang menarik dari Fairchild Channel F ini adalah dalam perilisan video gamenya, dimana game-game tersebut diberi nomor. seperti pada game pertamanya yang berjudul "Videocart-01: Tic Tac Toe, Shooting Gallery, Doodle, Quadradoodle". Di  era  generasi  kedua  ini  yang  menjadi  primadona  konsol  game  adalah konsol  game  ATARI.  Beberapa  contoh  konsol  game  pada  generasi  kedua  adalah  Fairchild  Channel  F, Atari  2600,  Magnavox Odyssey ver. 2 dan Atari 5200. Pada tahun 1988 Atari 2600 mengeluarkan game pertamanya yaitu "32 in 1". Tidak banyak informasi yang saya ketahui tentang Magnavox Odyssey ver. 2. Untuk total dari gamenya sendiri ada sekitar 69 game. Untuk mengetahui lebih banyak tentang apa saja game yang dirilis bisa klik disini. Untuk game pertama yang dirilis untuk Atari 5200 adalah Centipede.


 Fairchild  Channel  F


 Atari 2600



Magnavox Odyssey ver. 2


 Atari 5200

C. Generasi Ketiga
Generasi ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Jepang Family  Computer atau lebih dikenal dengan nama FAMICOM (kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh dunia). Walaupun konsol generasi sebelumnya juga menggunakan 8-bit processor, pada akhir generasi inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh mereka “bit”. Ini juga masuk ke mode sebagai sistem 16-bit seperti Mega  Drive / Genesis dipasarkan untuk membedakan antara generasi konsol. Game pertamanya yaitu Donkey Kong yang dirilis pada 15 Juli 1983.
Di Amerika Serikat, generasi ini di game ini terutama didominasi oleh NES / Famicom. Di era ini pulalah terjadi perang konsol game yang pertama antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA. Game yang cukup populer pada konsol ini tidak lain tidak bukan adalah Sonic.



FAMICOM


 SEGA

D. Generasi Keempat
Generasi keempat atau biasa disebut dengan era 16-bit, pada generasi ini NES mendapat sambutan hangat di seluruh dunia, dan sebuah perusahaan bernama Sega mencoba menyaingi Nintendo. Pada tahun 1988, Sega merilis konsol next-generation mereka, Sega Mega Drive (yang juga dikenal dengan Sega Genesis). Konsol ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang lebih halus dibanding NES. Konsol ini cukup berhasil memberi  tekanan, tetapi NES tetap bertahan dengan angka penjualan tinggi. Dua tahun berselang, pada 1990, Nintendo kembali menggebrak dengan konsol next-gen mereka, SNES (Super Nintendo Entertainment System). Selama 4 tahun, Nintendo dan Sega menjadi bebuyutan, meskipun ada beberapa produsen seperti SNK dengan NeoGeo-nya, NEC dengan TurboGrafx-16 dan Phillips CD-i, tapi kedua konsol mereka begitu handal dan populer.

1. Tahun 1989
Nintendo merilis game-handheld, Game Boy. Harga: $109. Game yang cukup terkenal adalah Tetris. NEC merilis video game sistem Turbografx-16, PC Engine versi Amerika Utara. Harga: $189. Sega merilis video game system Sega Genesis. Harga: $249.



Game Boy

Atari merilis game-handheld berwarna pertama Atari Lynx. Harga: $149. NEC merilis  versi yang ditingkatkan dari console PC Engine mereka di Jepang, SuperGrafx. Hanya 5 judul game yang memanfaatkan video game ini dan tidak pernah dijual secara komersial di luar Jepang. Game pertama Atari Lynx dirilis pada tahun 1989 berjudul Blue Lighting.


 Atari Lynx

2. Tahun 1990
Trip Hawkins  keluar dari Electronic Arts dan mendirikan 3DO. NEC merilis Turbografx CD ekspansi untuk Turbografx-16, mengupgrade sistem tersebut dengan CD-ROM. Harga: $399. Beberapa game yang dirilis untuk Turbografx CD ini antara lain No-Ri-Ko (1988), Far East of Eden: Ziria (1989) dan Ys I & II (1989). SNK merilis Neo-Geo (AES), untuk pertama kalinya sistem yang benar-benar membawa arcade ke rumah. Harga: $699. SquareSoft merilis Final Fantasy pertama yang nantinya menjadi role-playing game terbaik di sistem console. Sega merilis game-handheld Game Gear. pada tahun 1990 Sega merilis game Column. Microprose  terbentuk. NEC  merilis  versi  hanheld  dari  Turbografx-16  console mereka, TurboExpress.


 Turbografx CD


Sega Game Gear

3. Tahun 1991
Commodore merilis video game rumahan berbasis CD, CDTV. Harga: $999. Fujitsu   merilis FM Towns Marty, console 32-bit pertama di dunia. Nintendo merilis Super Nintendo. Harga: $199. Joe  Santulli  dan  Kevin  Oleniacz mendirikan Digital Press, publikasi  independent kolektor video game berbagai sistem. Dua penerbit PC entertaintment utama, Cinemaware dan Epyx, tutup.


 CDTV


 FM Towns Marty

4. Tahun 1992
Philips merilis video game rumahan berbasis CD, CD-i. Sega merilis ekspansi Sega CD untuk Sega Genesis.

E. Generasi Kelima
Generasi kelima atau disebut juga dengan era konsol 32 bit. dimana konsol game yang paling populer pada generasi ini adalah Sony Playstation. PS1 ini dirilis pada 3 Desember 1994 di Jepang. Game pertama yang dirilis di tanggal yang sama yaitu Crime Crackers.


 Playstation 1

F. Generasi Keenam
Generasi keenam ini ditandai dengan munculnya konsol-konsol game next-generation dari  masing-masing perusahaan seperti SONY, SEGA, Nintendo serta munculnya satu lagi konsol game baru yang diluncurkan oleh Microsoft yang diberi nama Xbox. Pada 15 November 2001 Xbox diluncurkan dengan game pertamanya yaitu Dead of Alive 3. SONY meluncurkan Playstation 2 pada tahun 2014, dengan game pertamanya AFL Live Premiership Edition. Perang konsol game ini akhirnya mengakibatkan jatuhnya perusahaan konsol SEGA yang tidak dapat lagi meneruskan konsol next-generation (Dreamcast) mereka dan lebih memilih untuk berkonsentrasi dibidang pembuatan game konsol. Game pertama untuk Sega Dreamcast ini adalah AeroWings.


 SEGA Dreamcast


 Sony Playstation 2


 Xbox

G. Generasi Ketujuh
Dikarenakan semakin canggihnya teknologi di bidang teknologi maka kemudian 3 perusahaan konsol terbesar (Sony, Nintendo, dan Microsoft) mengeluarkan  kembali  konsol  next-generation mereka keluaran terbaru. Sony mengeluarkan konsol next-gen yang diberi nama PS3(Playstation 3), lalu Nintendo dengan Nintendo Wii kemudian Microsoft dengan  Xbox  360. Pada generasi ini semakin dikembangkan sistem permainan online atau permainan yang melibatkan banyak pemain yang terhubung dengan konsol mereka dan semakin ditinggalkannya permainan single player. Wii diluncurkan yang paling pertama yaitu di Amerika pada 19 November 2006. Di saat yang sama pula Wii telah merilis lebih dari satu game, salah satunya yaitu SpongeBob SquarePants: Creature from The Krusty Krab.

 
Nintendo Wii


Berikut adalah sepuluh game konsol terbaik menurut WatchMojo.com.






Referensi:

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook