Pengukuran Situs Perpustakaan Nasional Menggunakan Tools Alexa Rank

November 16, 2014



Pada posting-an saya ini saya akan melakukan Pengukuran Situs Perpustakaan Nasional Menggunakan Tools Alexa Rank terhadap website PERPUNAS yang telah dibahas pada post sebelumnya.


Tool Alexa rank ini merupakan situs yang menyediakan fasilitas untuk mendata berapa banyak jumlah pengunjung dalam suatu website yang diakses secara online. Pada saat kita menggunakan tools ini, kita akan diminta untuk memasukkan alamat website yang akan kita ukur datanya pengunjungnya, pilih button ‘Go’. Kita diminta untuk menunggu beberapa saat melihat hasilnya. Setelah hasil keluar, kita dapat melihat seberapa besar traffic pada website tersebut. Semakin banyak pengunjung website, semakin tinggi pula traffic yang akan tercatat, begitu juga sebaliknya. dengan kata lain, semakin kecil angka Alexa Rank-nya, maka semakin baik traffic-nya.

Selain memberikan informasi tentang banyak pengunjung, situs ini juga memberikan informasi tentang siapa saja pengunjung yang berkunjung. Bukan diinfokan dengan nama, tetapi dengan jenis kelamin, jenjang usia, dan jenis pekerjaan.

Berikut adalah hasil pengukuran yang didapat menggunakan Alexa rank:

- Masukkan alamat situs PERPUNAS

- Hasil:
 


Hasil menunjukkan bahwa pengunjung situs PERPUNAS rata-rata 1500 pengunjung. Pengunjung situs web ini dlaam perhari adalah 3.17% seangkan waktu rata-rata pengunjung yaitu pukul 6:14 AM. Kemudian pada grafik tentang siapa pengunjung terbanyak adalah paling banyak laki-laki yang jenjang usianya belum di bangku kuliah, dan tempat mengakses situs ini paling banyak di sekolah.


Kelebihan & Kekurangan Alexa Rank

Kelebihan:

  • Membantu sekali untuk dapat menegetahui seberapa tinggi rating suatu website. Dalam dunia bisnis internet, website yang banyak dikunjungi dapat mendatangkan uang bagi Si pemilik website dengan pemasangan iklan. 
  • Mudah diakses dan digunakan. Kita tinggal memasukkan alamat web saja. 
  • Tidak perlu instal, karena ini dilakukan secara online.
 
Kekurangan:
  • Cukup lama untuk menunggu waktu memproses informasi. 
  • Kurang akurat dlaam penilaian segi jenis kelamin, dan usia. 
  • Tidak tahu cara menilai opsi  gender, jenjang usia dari mana.

 Referensi:


Priyatno Duwi. (2010). Panduan Mudah Bisnis Online –cet. 2. Yogyakarta: MediaKom.
http://www.Alexa.com. 

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook